​Mengintip Peluang Bisnis Jagung Manis di Muaro Lingge | Redaksi Sumbar

​Mengintip Peluang Bisnis Jagung Manis di Muaro Lingge

​Mengintip Peluang Bisnis Jagung Manis di Muaro Lingge Dibaca : 142 Kali
Bagikan:




SIJUNJUNG, RedaksiSumbar.com – Hasnawilis, Hafasna dan Yusnidar, Trio Bangau dari alumni SMP Negeri 1 Pulau Punjung, Dharmasraya begitu turun mobil langsung nyamperin kotak tupperwer ukuran jumbo yang berderet di Outlet Aina, Muaro Linggeh, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung. Di dalamnya ternyata ada bakwan jumbo, donat jumbo, dan resoles yg juga jumbo. Mereka mengambil masing masing dua buah penganan serba jangung itu dan meletakkannya dalam piring oval yang dilapisi kertas pembungkus nasi. Sambil nyerocos, Trio Bangau itu melahap kue yang masih hangat dan sambok itu.

“Mano ladonyo ko,” ujar Hafasna, perempuan berbadan subur yang didapuk jadi Ketua Geng Trio Bangau. Si empunya kadai yang sedang menggoreng bakwan, cuma bisa menunjuk tempat cabe songgiang yang masih berada dalam kantong asoy.

“Ambiak surang Bu. Alun sempat mamindahan ka piriang. Baru tibo dari pasa mah,” ujar pemilik kedai ramah.

Segenggam Hafasna mengambil cabai pedas itu. Lalu dia tarok di meja tempat dua temannya makan cemilan sambil sarapan pagi. Trio Bangau memang sudah dua kali mampir di kedai Aina, outlet makanan berbahan jagung manis F 1 itu.

“Managiah wak. Nyo lamak sadoalahe,” tukuk Yusnidar.

Ia kemudian bangkit dan mendekati kulkas, lalu ia buka. Ternyata dalam kulkas transparan itu isinya beraneka juice yang terbuat dari jagung. Ada juga semacam agar-agar yang juga dengan bahan baku jagung. Semua makanan yang tersaji di Outlet Aina, berbahan baku jagung. Konon ada 19 macam menu yang dijual di outlet itu dan semuanya berbahan baku jagung manis.

“Enak dan Murah,” ujar Hafasna seraya menahan pedasnya cabai.

Tiga perempuan beranjak senja itu ternyata tak cukup melahap dua potong donat, mereka nambah masing-masing dua lagi. Masya Allah, pantesan ketiganya berbadan jumbo. Lagipula semua jenis menu di Aina memang lumayan enak. Dijamin baru, tempatnya bersih, dan sederhana.

Baca Juga :  Ny. Dewi Sutan Riska : Rumah Dinas Bupati Adalah Rumah Rakyat

Menurut pemilik kedai, ia belum lama buka outlet di Muaro Lingge, sebelumnya ia buka di Tanah Badantuang. Sehari ia bisa menghabiskan 10 karung jagung yang didatangkan khusus dari Kabupaten Tanahdatar. Mengapa harus dari kabupaten lain? Sebab Kabupaten Sijunjung tidak mengembangkan usaha perkebunan jagung manis. Nah ini peluang yang lepas dari petani Sijunjung. [Ari Ayek]

Bagikan:
Tags: ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close