12.317 Orang Terlibat Evakuasi Gempa Di Solok Selatan | Redaksi Sumbar

12.317 Orang Terlibat Evakuasi Gempa Di Solok Selatan

12.317 Orang Terlibat Evakuasi Gempa Di Solok Selatan Dibaca : 413 Kali
Bagikan:




SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Sekitar 12.317 orang dilibatkan dalam simulasi evakuasi mandiri gempa bumi di Solok Selatan pada Rabu (26/4/2017). Hal ini dilakukan dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN).

“Kita melibatkan pelajar mulai dari tingkat taman kanak-kanak sampai pelajar SMA/sederajat serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk empat kecamatan dari tujuh kecamatan di Solsel,” kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Solok Selatan, Rusdi Harmen.

Menurutnya, dari empat kecamatan itu simulasi digelar di 38 titik. Mulai dari sekolah, ruang terbuka dan kantor kecamatan serta lingkup kantor bupati setempat.

“Kecamatan KPGD, Sungai Pagu, Pauh Duo dan kecamatan Sangir sewaktu-waktu bisa terdampak bencana gempa dikarenakan daerah dilewati patahan samangka sesar Suliti,” katanya.

Setidaknya,  kegiatan simulasi mampu memberikan pengetahuan pada masyarakat serta pelajar untuk antisipasi serta menyelamatkan diri jika terjadi bencana gempa bumi.

Sementara pada kegiatan simulasi, di SMAN 3 Solok Selatan simulasi digelar saat jam pelajaran dengan melibatkan sekitar 600 orang pelajar. Saat bel sekolah dibunyikan sebagai tanda atau sirine gempa. Ratusan pelajar dilantai dua sekolah maupun dilantai dasar berusaha menyelamatkan diri mulai dari ruangan hingga melakukan evakuasi ke lapangan sekolah.

Seolah gempa nyata, para pelajar berusaha menyelamatkan diri dengan bersembunyi dibawah meja dan berlindung menggunakan tas. Kemudian, mereka berangsur melarikan diri melewati jalur evakuasi menuju lapangan.

Tim UKS sekolah telah bersiap menandu pelajar yang terluka dan memberikan bantuan pertama medis.

“Banyak hal yang bisa diketahui dari simulasi gempa bumi. Kita lebih tau cara menyelamatkan diri ketika gempa terjadi dengan mencari lokasi aman untuk berlindung dan tidak panik,” kata seorang siswi, Anggraini.

Baca Juga :  Tak Kunjung Pulang dari Ladang, Petani Solsel Ini Diduga Hanyut Terseret Arus Sungai

Sementara, Wakil bidang Humas SMAN 3 Solok Selatan, Yurlaili mengatakan dalam simulasi tersebut dapat dilihat kekompakkan pelajar dalam menghadapi gempa bumi.

“Kegiatan ini dibuat seolah nyata, tiap pelajar berperan dalam menyelamatkan diri sendiri maupun memberikan penyelamatan bagi rekan mereka yang terluka, terutama tim UKS sekolah. Pelajar diimbau untuk menjauh dari bangunan yang berpotensi menimpa,” kata dia.

Ia berharap kegiatan sosialisasi bisa dilaksanakan rutin dikarenakan adanya potensi gempa bumi di Solok Selatan. “

“Minimal pihak BPBD Solok Selatan bisa memberikan sosialisasi pada pelajar minimal sekali dalam tiga bulan agar korban bisa dihindarkan jika benar terjadi,” kata dia. [Humas]

Bagikan:
Tags: ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close