20 Lembar Surat Tilang Dilayangkan Polsek Lubuk Kilangan Dalam Razia Pelajar Pelanggar Lalu Lintas | Redaksi Sumbar

20 Lembar Surat Tilang Dilayangkan Polsek Lubuk Kilangan Dalam Razia Pelajar Pelanggar Lalu Lintas

20 Lembar Surat Tilang Dilayangkan Polsek Lubuk Kilangan Dalam Razia Pelajar Pelanggar Lalu Lintas Dibaca : 345 Kali
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Unit Lalu Lintas (Lantas) Polsek Lubuk Kilangan mengklaim telah melakukan tindak pelanggaran (tilang) terhadap pelajar yang melanggar lalu lintas sebanyak 20 lembar.

Hal tersebut disampaikan oleh Kanit Lantas Polsek Lubuk Kilangan, Ipda Afriandi saat ditemui, Senin (20/2/2017) pagi.

“Pelajar yang ditindak dalam bentuk tilang adalah pelajar yang melanggar lalu lintas dalam berkendara seperti tidak mengenakan helm serta tidak memiliki surat-surat berkendara,” ucapnya.

Disebutkan olehnya, 20 lembar tilang kepada pelajar tersebut merupakan tindak lanjut sosialisasi Polsek Lubuk Kilangan ke sekolah-sekolah yang berada di wilayah hukum (wilkum) Lubuk Kilangan.

Sementara itu, Kapolsek Lubuk Kilangan, Kompol Ediwarman menyebut bahwa pihaknya akan terus melakukan razia terhadap pengendara yang melanggar lalu lintas.

“Dalam hal ini tidak hanya pelajar, namun juga kepada semua pelanggar lalu lintas. Pada Januari 2017, kami telah melakukan tilang sebanyak 87 dan jumlah itu  meningkat menjadi 238 lembar tilang,” ujar Edi.

Menanggapi berbagai laporan masyarakat yang sudah resah dan risih dengan ulah para pelajar yang mengendarai sepeda motor secara ugal-ugalan dan memakai knalpot yang bersuara keras, jajaran Polsek Lubuk Kilangan mulai Selasa (14/2/2017) telah menindak kendaraan yang melanggar tersebut.

Hal tersebut dipastikan langsung oleh Kapolsek Lubuk Kilangan, Kompol Ediwarman saat ditemui RedaksiSumbar.com beberapa waktu yang lalu.

“Jadi kami akan melakukan penindakan dalam bentuk tilang (bukti pelanggaran, Red) dan menahan sepeda motor pelajar yang bersekolah di wilayah hukum Polsek Lubuk Kilangan jika kedapatan melanggar lalu lintas dan memakai knalpot racing,” ucap Ediwarman.

Dijelaskan Edi, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke semua Sekolah Menengah Pertama (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berada di wilayah hukumnya dengan melibatkan seluruh personel di Polsek yang berada di Jalan Raya Padang-Solok tersebut.

Baca Juga :  Gali Kubur, Jenazah SPG Rokok yang Tewas karena Aborsi Diautopsi

Diharapkan nantinya agar para peserta didik yang telah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk lebih tertib dalam berlalu lintas dan tidak ugal-ugalan.

“Karena hukumannya selain ditilang, motor siswa bersangkutan juga kami tahan hingga dua bulan. Hal tersebut bukan hanya memberi efek jera, agar mereka ini tahu aturan dan sadar hukum,” tuturnya.

Dari data yang ada, selama tahun 2015, Polsek Lubuk Kilangan telah melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas sebanyak 454 tilang dan jumlah tersebut meingkat tajam di tahun 2016 dimana mencapai 1.221 tilang, naik dua kali lipat.

“Hal tersebut menandakan lemahnya kesadaran masyarakat dalam berkendara, tidak ketinggalan juga dalam hal ini pelajar yang ugal-ugalan dan tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM),” ujarnya. [adl]

S

Bagikan:
Tags: , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close