25 Photografer Ikuti Competition Underwater Mandeh | Redaksi Sumbar

25 Photografer Ikuti Competition Underwater Mandeh

25 Photografer Ikuti Competition Underwater Mandeh Dibaca : 252 Kali
Bagikan:

PESISIR SELATAN, RedaksiSumbar.com – Menyambut gelaran pelaksanaan Festival Pesona Mandeh (FPM) 4 hingga 7 Mei mendatang. Sebanyak 25 photografer lokal dan nasional ikuti Competion Underwater. Mereka, siap membutikan ke ahliannya dalam memotret keindahaan pesona bawah laut Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan.

Dengan memperebutkan total hadiah Rp.63 juta. Pada tiga kategori yaitu, DSLR (Marco/Close Up), DSLR (wide Angle) dan kategori open.

Koordinator Pelaksana, Mabruri Tanjung mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu perlombaan yang akan dilaksanakan pada Festival Pesona Mandeh dimana sasaran dari kegiatan ini adalah fotografer bawah air lokal, Fotografer bawah air nasional, Internasional dan wisata selam.

“Tujuan lain dari perlombaan ini adalah sebagai media mengumpulkan bahan promosi dalam bentuk foto keindahan bawah laut kawasan wisata Mandeh dan perairan sekitarnya dan juga sebagai media untuk membuat video promosi penyelaman di kawasan wisata Terpadu Mandeh,” ujarnya

Menurutnya, nantinya maksimal 25 orang yang terdrii dari 10 orang fotografer bawah laut internasional, 15 orang fotografer bawah laut nasional. Hasil, foto dari perlombaan akan dipublikasikan dalam kaitan lomba berupa berita dan promosi kegiatan, katalog foto dan untuk promosi kegiatan serupa dimasa mendatang namun hak cipta melekat pada fotografer itu sendiri.

“Peserta harus mematuhi peraturan dan keentuan konservasi ekosistem bawah laut, peserta yang melanggar peraturan akan diskualifikasi dari perlombaan,” katanya.

Aturan yang dilanggar itu seperti penyelam yang terlihat mengangu dan merusak lingkungan permukaan dan bawah permukaan air. Melakukan eksploitasi terhadap objek foto biota laut sehingga menyebabkan stres  ikan buntel mengembung, gurita atau cumi cumi mengeluarkan tinta dan sebagainya, menangkap satwa laut, menjebak dan memindahkan dari lingkungan aslinya atau kelokasi yang rawan, memberikan makanan kepada satwa laut, menyentuh/memegang satwa laut dan menyelam dengan bouyancy control yang buruk.

Baca Juga :  57 Orang Narapidana Lapas Kelas II B, Painan, Terima Remisi Pada HUT RI Ke 72

“Setiap peserta hanya bisa memangkan satu perlombaan dan pengumuman pemenang akan dilakukan pada malam penutupan kegiatan dan penyerahan hadiah dilakukan di kantor bupati pada hari pertama sesudah kegiatan,” ujarnya

Juri dari lomba ini adalah Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, Hendra Tan (Fotografer Underwater Internasional), Adrinof Chaniago (Komisaris Utama BRI), Wiliam Tan (Fotografer Underwater Internasional) dan Arief Yudho Wibowo (Fotografer Underwater Internasional).

Sementara itu pelaksanaan Festival Pesona Mandeh merupakan kerjasama antara Team  Percepatan Pengembangan Pariwisata Kementrian Pariwisata dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dan Provinsi Sumbar .Festival ini diisi oleh beberapa kegiatan diantaranya Pra Festival yaitu mempersiapkan masyarakat Kawasan Mandeh  dan sekitarnya dalam menghadapi kunjungan wisata. Dan kesiapan ini akan disampaikan dalam bentuk ekspo/pameran hasil kerja pengiat, pelaku dan pemerintah selama ini.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pessel, Zefnihan mengungkapkan, Festival Pesona Mandeh dibagi beberapa kegiatan diantaranya Pra Festival dan acara puncak Festival Pesona Mandeh dengan kegiatan Festival Rakyat Mandeh diantaranya Festival Kuliner, Seni Tradisi dan  Festival Rabab untuk memecahkan rekor Muri.

Selanjutnya Festival Bahari Mandeh yang diisi dengan lomba perahu tradisional, Mandeh Joy Sailing 3, Diving dan lomba Foto Kawasan Mandeh.

Disamping itu juga diisi dengan kegiatan pendukung lainnya, seperti acara pembukaan dan penutupan yang dihadiri oleh artis ibu kota, paramotor, eksebisi Jump Cliff, Jet Ski dan lainnya .

Nantinya kegiatan akan dipasilitasi oleh EO kementrian dan EO daerah dengan dukungan Pememrintaha Nagari, Kecamatan dan Kabupaten. [Rega Desfinal]

Bagikan:
Tags: ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close