3 Bulan, Walinagari se-Limapuluh Kota Belum Gajian

3 Bulan, Walinagari se-Limapuluh Kota Belum Gajian
Sejumlah Walinagari saat memberikan pemaparan belum dicairkannya honor mereka oleh pemerintah. (Istimewa)
Bagikan:




LIMAPULUH KOTA, RedaksiSumbar.com – Akibat belum selesainya penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Nagari di Limapuluh Kota, lebih dari 90 persen perangkat Kenagarian belum menerima honor yang merupakan hak mereka.

Ketua Forum Walinagari Kabupaten Limapuluh Kota Irmaizar kepada sejumlah awak media, Selasa, 27 Maret 2018 mengatakan, bahwa sudah bulan berturut-turut Walinagari beserta perangkat belum menerima hak berupa honorarium.

“Agar pelayanan tetap berjalan seperti biasa, kami harus melakukan utang kepada pihak ketiga yang berasal dari berbagai latar belakang. Kami melihat instansi terkait saling lempar bola dan terkesan menunda pencairan dana tersebut,” ungkapnya.

Dari perwakilan Walinagari yang hadir tersebut diantaranya Walinagari Koto Baru Simalanggang Purwanto, Walinagari Sungai Baringin Lukman Hakim.

Kemudian Walinagari Piobang Syaffan Nur, Walinagari Durian Godang Nanda Salman, Walinagari Tanjung Haro Sikabu Kabu Padang Panjang Maskar M Dt Pobo, Walinagari Suayan Zetrial dan Walinagari Koto Baru Simalanggang Hendra, Irmaizar

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari Kabupaten Limapuluh Kota, Ahmad Zuhdi Perama, Rabu, 28 Maret 2018 mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 113 tahun 2015, masing-masing nagari harus menyiapkan APB-Nagari sebelum dana di transfer dari rekening kas daerah.

Menjelang akhir Maret sebutnya, dari 79 Nagari yang ada, baru tiga Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota yang telah menyelesaikan APB-Nagari dan telah dilakukan transfer dana dari kas daerah ke kas nagari bersangkutan.

“Yaitu, Nagari Guguak VIII Koto, Koto Tangah Simalanggang dan Simpang Sugiran. Sedangkan, 15 nagari lagi masih dalam tahap evaluasi oleh Bupati. Sisanya, sebanyak 61 nagari masih dalam tahap pembahasan APB-Nagari,” tuturnya. [AWS]




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...