Jenderal Polisi Tito Karnavian Dianugrahi Gelar Adat Minangkabau | Redaksi Sumbar

Jenderal Polisi Tito Karnavian Dianugrahi Gelar Adat Minangkabau

Jenderal Polisi Tito Karnavian Dianugrahi Gelar Adat Minangkabau
Foto : Yuyud
Dibaca : 7306 Kali
Bagikan:

PADANG, RedaksiSumbar.com – Suku Sikumbang Kamang Mudiak Kabupaten Agam, Sumatera Barat memberikan gelar adat kepada Kepala Kepolisian Indonesia Jenderal Tito Karnavian (02/32017) di Kota Padang, Sumatera Barat. Tito dianugerahi gelar sangsako atau gelar kehormatan Adat Minangkabau.

Kabag Humas Polda Sumbar AKBP Syamsi mengatakan ” gelar kehormatan akan diberikan kepada Kapolri beserta isterinya Tri Suswati. Kapolri juga akan dipasangkan mahkota kehormatan, keris dan tongkat untuknya.

Tito diberi gelar Sutan Rajo Pagar Alam. Sedangkan Tri Suswati, akan diberi gelar Siti Linduang Alam.

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM)  Sumatera Barat Sayuti Datuak Rajo Panghulu mengatakan saat pidatonya, ” gelar sangsako ini diberikan kaum suku Sikumbang Kamang Mudiak Kabupaten Agam. Gelar sangsako merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada seseorang yang berjasa untuk Minangkabau, agama, bangsa dan negara” ucapnya.

Gelar tersebut diberikan karena adanya hubungan kekerabatan dan persahabatan yang erat antara Kapolri Tito dak Kapolda Sumatera Barat Fakhrizal yang berasal dari kaum suku Sikumbang Kamang Mudiak. Kapolri Tito juga merupakan sosok pemimpin muda yang cerdas, dan layak untuk menerima gelar tersebut.

Gelar yang diberikan kepada Kapolri adalah gelar yang tak bisa diturunkan kepada anak dan abadi untuk sipemakai gelar tersebut seumur hidup.Tambahnya. [Tim/QQ]

Bagikan:
Baca Juga :  Padang Fokus Kembangkan Pariwisata Berbasis Budaya Minangkabau
Tags: , , , , ,
Loading...
Solok Selatan dalam Berita

No Responses

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.

close