737 Orang Mendaftar Menjadi Prajurit TNI di Sumbar

737 Orang Mendaftar Menjadi Prajurit TNI di Sumbar
Sebanyak 737 calon prajurit TNI dari berbagai daerah di Sumatera Barat mengikuti seleksi calon Tamtama TNI Angakatan Darat Tahun Angkatan (TA) 2017 di Ajenrem 032/Wirabraja, Senin (9/10/2017). PENREM.

PADANG, RedaksiSumbar.com Animo kalangan muda untuk menjadi seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Indonesia semakin hari semakin tinggi. Hal tersebut sesuai dengan darah ksatria yang tinggi dan sudah melekat bagi seorang Warga Negara Indonesia (WNI).

Hal tersebut terbukti ramainya peserta selesi calon prajurit Tamtama Tahun Angkatan (TA) 2017 di Sumatera Barat yang mencapai 737 orang pada Senin (9/10/2017) di kantor Ajudan Jenderal (Ajen) Komando Resor Militer (Korem) 032/Wirabraja. Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 032/Wirabraja, Mayor (Arm) Hasran Harahap menyebutkan bahwa dari jumlah sebanyak itu, para peserta akan diseleksi menjadi lima gelombang.

”Artinya, para pendaftar yang mengikuti rangkaian seleksi dan tes di wilayah Korem 032/Wirabraja itu akan dipecah menjadi lima gelombang hingga Jumat (13/10/2017) mendatang. Untuk gelombang pertama ini, sebanyak 150 orang telah menjalani serangkaian tes dan seleksi,” terang Hasran.

Ia menjelaskan bahwa seleksi yang dilakukan tersebut menggunakan sistem gugur, bagi yang tidak memenuhi persyaratan dan kualifikasi yang telah diterapkan oleh Mabes TNI, maka peserta akan langsung dinyatakan gugur dan tidak bisa mengikuti tahapan tes selanjutnya. “Sistem gugur ini diharapkan dapat objektif dan transparan sehingga mencapai hasil yang baik pula untuk mendapatkan prajurit-prajurit yang lebih berkualitas,” ujarnya.

Calon yang lulus seleksi awal selanjutnya akan mengikuti seleksi kesamaptaan, akademik, psikologi, dan mental ideologi yang akan dilaksanakan di komplek Sekolah Calon Tamtama (Secata) B Rindam I/Bukit Barisan di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. “Sebelumnya juga telah dilaksanakan seleksi khusus putra daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai yang diselengarakan di Tua Pejat dalam hal ini oleh Kodim 0319/Mentawai sebanyak 18 orang calon.

Sementara itu, salah seorang pelamar, Roby Pratama (19) tidak ragu mengatakan bahwa dirinya masuk ke dalam dunia militer tidak hanya ingin mengubah nasib, akan tetapi kecintaannya kepada TNI. “Saya cinta TNI,” ucap pria asal Kabupaten Padang Pariaman itu singkat. [Red]



Topik: , , ,
Loading...

Subscribe