Adlis, SE : Pembangunan Jalan Rimbo Gelanggang Ini Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Adlis, SE : Pembangunan Jalan Rimbo Gelanggang Ini Untuk Kesejahteraan Masyarakat
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Nagari Sungai Aua Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat memrioritaskan pembangunan infrastruktur jalan keliling desa/nagari. Dalam hal mendukung kelancaran sarana transportasi bagi masyarakat, mengangkut hasil perkebunan dan pertanian dengan menggunakan kendaraan dari lokasi kebun-kebun warga.

Sekretaris Nagari Persiapan Ranah Air Haji, Nagari Sungai Aua, Adlis. SE, Sabtu (30/6/2018) mengatakan, masyarakat sangat terbantu dengan adanya akses jalan sertu yang sedang dibangun sepanjang 740 meter ditambah 1 unit gorong-gorong yang berfungsi sebagai penghubung jalan di Jalan usaha kebun warga Rimbo Gelanggang, Nagari Persiapan Ranah Air Haji, Nagari Sungai Aua.

“Selama ini, warga petani mengangkut hasil panen perkebunan dengan cara melangsirkan memakai sepeda motor yang memakan ongkos lebih kurang Rp. 300 / Kilogramnya,” terang Adlis.

Menurut Adlis, dengan terbukanya akses jalan dengan dana Rp. 109. 772.525 kelokasi pertanian dan perkebunan melalui Anggaran Dana Desa (ADD), tradisi melangsir sawit tidak juga akan habis. Namun, ongkos yang selama ini mahal, kedepan akan jauh turun.

“Karena akses sudah dekat dengan kebun masyarakat, secara otomatis ongkos langsir Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit akan turun dari sebelumnya. Karena, jarak langsirnya sudah dekat,” lebih jelas Adlis.

Dijelaskan Adlis, warga petani yang ada di wilayah pembukaan jalan itu sangat banyak, sehingga luas kebun kelapa sawit mereka juga sangat luas.

“Perkiraan sementara, dari lokasi pembukaan jalan, hasil TBS warga dalam sebulan diperkirakan mencapai lebih kurang 70 Ton,” paparnya.

Masyarakat Nagari Persiapan Ranah Air Haji, Nagari Sungai Aua menyambut baik program pemerintah desa/nagari Induk Sungai Aua yang memrioritaskan pembangunan infrastruktur jalan desa/nagari.

“Pembangunan jalan ini memberikan manfaat yang tepat sasaran untuk masyarakat khususnya kalangan petani perkebunan dan pertanian,” ungkapnya. [Red]




Bagikan:
Topik: , , , ,
Loading...