Agam Butuh Camat ‘Impor’, Ini Sebabnya… | Redaksi Sumbar

Agam Butuh Camat ‘Impor’, Ini Sebabnya…

Agam Butuh Camat ‘Impor’, Ini Sebabnya… Dibaca : 427 Kali
Bagikan:




AGAM, RedaksiSumbar.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam mengalami krisis kandidat untuk menduduki pimpinan kecamatan (camat, red). Hal itu ditenggarai beberapa sebab, salah satunya ditandai dengan keberhasilan 5 orang yang berstatus sebagai camat dalam memenangi proses lelang jabatan eselon II. Empat camat diantaranya menduduki kursi kepala dinas di Pemkab Agam dan satu camat juga menang lelang jabatan di Kota Padang (Kadis Perdagangan Pemko Padang, Endrizal, red).

“Stok kandidat yang memenuhi standar untuk diangkat sebagai camat di Agam tersisa tiga orang. Dua diantaranya menyatakan tidak berminat, maka tidak bisa pula dipaksakan. Oleh karena itu, kemungkinan besar Pemkab Agam membutuhkan kandidat dari luar Agam,” ungkap Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Agam, Martias Wanto kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (1/3).

Di sisi lain, Martias Wanto menyebutkan rotasi jabatan di tingkat kecamatan menjadi cerminan Pemkab Agam taat hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

“Dalam amanat Undang-Undang (UU) nomor 32 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, gubernur dapat membatalkan pengangkatan camat yang dilakukan oleh bupati maupun walikota. Apabila camat yang diangkat tersebut tidak mempunyai latar belakang pendidikan pemerintahan. Tentunya di Agam hal ini tidak boleh terjadi,” sebutnya.

Sosok seorang camat, lanjutnya, harus memenuhi syarat-syarat kepegawaian yang diatur dalam peraturan perundang-undangan dan harus menguasai pengetahuan teknis pemerintahan. Untuk itu, latar belakang pendidikan yang bersangkutan harus memiliki ijazah sesuai disiplin ilmu tersebut atau minimal memiliki sertifikat pendidikan dan pelatihan (Diklat) kepemerintahan.

“Jika unsur administratif dan kepangkatannya telah terpenuhi, maka kandidat yang boleh dilantik sebagai camat bisa saja dari lulusan APDN atau IPDN maupun non APDN atau IPDN, atau jurusan ilmu pemerintahan baik itu dari kampus negeri maupun swasta yang penting terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),” tegasnya.

Baca Juga :  Lelang Jabatan di Pemkab Agam, Sejumlah Nama Bersaing Ketat

Martias menambahkan, dengan ketentuan tersebut, maka Pemkab Agam saat ini dalam krisis kandidat untuk mengisi camat di 5 kecamatan. Yaitu kecamatan Tanjungmutiara, kecamatan Ampeknagari, kecamatan Baso, kecamatan Canduang dan kecamatan Matur.

 

“Kalau memang tidak ada yang memenuhi kualifikasi dan belum ada peminat dari luar Agam yang disetujui bupati, maka dibiarkan saja dulu pejabat sementara (Pj). Yang penting tidak ada stagnan kepemimpinan dan proses pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasa,” tutupnya.

 

Baru-baru ini, rotasi jabatan kembali terjadi di Kabupaten Agam. Di hari yang sama, Bupati Agam, Indra Catri melantik Camat Palembayan dan Camat Banuhampu di kantor camat masing-masing, Rabu (1/3). Dengan demikian, Pemkab Agam menyisakan 5 kursi camat yang belum terisi oleh pejabat defenitif.

 

Kursi Camat Palembayan yang ditinggalkan Aryati setelah sehari sebelumnya dilantik sebagai Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) digantikan oleh Ade Harlien (sebelumnya menjabat sebagai Camat Tanjungmutiara,red).

 

Sementara itu, setelah mengalami kekosongan camat defenitif selama dua bulan, akhirnya Kecamatan Banuhampu memiliki camat baru. Posisi yang ditinggalkan oleh Dandi Pribadi setelah promosi jabatan menjadi kepala Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Dsipol PP Damkar) diisi oleh Afdhal, yang sebelumya menjabat sebagai Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Agam.

 

Bupati Agam, Indra Catri menilai kedua sosok camat ini mempunyai dedikasi, loyalitas dan semangat kerja yang tinggi. “Dengan rotasi jabatan ini, diharapkan dapat menghasilkan ide, dan inovasi, untuk membangun Kecamatan Palembayan dan Banuhampu lebih baik lagi ke depannya,” ujar bupati melalui pesan singkat via ponselnya. [Loni Hendri]

Bagikan:
Tags: ,



No Responses


close