Agam Targetkan Pengembangan Padi Hibrida Seluas 3.000 Hektare | Redaksi Sumbar

Agam Targetkan Pengembangan Padi Hibrida Seluas 3.000 Hektare

Agam Targetkan Pengembangan Padi Hibrida Seluas 3.000 Hektare
Petani di Nagari Duokoto, Kecamatan Tanjungraya menanami padi di sawah miliknya yang membentang di sekitar Danau Maninjau, Selasa (14/3/2017).
Dibaca : 131 Kali
Bagikan:

AGAM, RedaksiSumbar.com – Pengembangkan tanaman padi hibrida di Kabupaten Agam pada tahun 2017 ditargetkan mencapai 3.000 hektare. Upaya tersebut merupakan bagian dari meningkatkan produksi beras.

Sekretaris Dinas Pertanian Agam, Arif Restu, Senin (13/3), mengatakan, pada 2017 pihaknya menargetkan produksi padi sekitar 450.150 ton dengan luas panen sekitar 75.025 hektare. Oleh sebab itu harus terus dilakukan upaya peningkatan produksi maupun peningkatan luas area tanam.

Dikatakannya, agar program ini berjalan sebagaimana yang diharapkan, pihaknya juga akan mendorong  petugas Dinas Pertanian dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) penyuluh kecamatan di 16 kecamatan di Kabupaten Agam.

“Pengembangkan tanaman padi hibrida seluas 3.000 hektare ini tersebar di sejumlah Kecamatan antara lain Palembayan, Tilatangkamang, Lubukbasung, Ampekangkek, dan Tanjungraya,” katanya.

Arif menjelaskan, pelaksanaannya disesuaikan dengan musim tanam daerah setempat. Pemilihan lokasi tersebut berdasarkan usulan dari kelompok tani di setiap kecamatan. Dari apa yang diterima, dipilihlah sejumlah lokasi yang dinilai tepat.

Menurutnya, selain  pengembangan padi hibrida, Dinas Pertanian juga mendorong tanaman padi salibu atau tanaman padi yang tumbuh setelah dipanen seluas 500 hektar. Ini bentuk upaya khusus (Upsus) yang dilakukan dalam meningkatkan produksi padi tahun 2017.

“Pengembangan padi hibrida dan padi salibu berasal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berupa bibit, pupuk dan bantuan lain. Mudah-mudahan target yang kita rencanakan bisa tercapai. Hal ini tentunya tidak lepas dari komitmen bersama,” ungkapnya. [Loni Hendri]

 

Bagikan:
Baca Juga :  Miliki Sabu-Sabu dan Berusaha Kabur, Salman Ditangkap Di Lubukbasung
Tags: ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close