Air Terjun “Sampuran Botung” Pasaman Barat Jadi Pavorit

Air Terjun “Sampuran Botung” Pasaman Barat Jadi Pavorit
Bagikan:

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Disudut utara Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Jorong Serasah Betung, Nagari Sungai Aur, Kecamatan Sungai, terdapat sebuah lokasi wisata alam berupa air terjun yang disebut warga setempat dengan nama air terjun Sampuran Botung.

Berada dibalik rerimbunan pohon, gemuruh suara air terjun yang memiliki tinggi sekitar 5 meter dengan lebar sekitar 35 meter ini sudah terdengar dari kejauhan. Wisata alam yang juga dikenal dengan nama “Sampuran Botubg” ini, kini jadi salah satu tempat favorit bagi warga Sungai Aur dan Pasaman Barat pada umumnya untuk mengisi liburan bersama keluarga. Pada hari libur, tempat ini ramai dikunjungi warga.

Keberadaan air terjun Sampuran Botung sebenarnya sudah cukup lama diketahui oleh masyarakat Sungai Aur. Namun, selama ini belum terlalu banyak masyarakat berkunjung ke tempat ini. Selain masih minimnya sarana dan prasarana pada saat itu, juga lokasi wisata ini belum tertata dengan baik. Tapi kini, air terjun Sarasah Botung sudah disulap sedemikian rupa. Fasilitas-fasilitas penunjang seperti akses jalan utama menuju wisata juga sudah dibangun oleh pemerintah.

Mulai tertatanya lokasi wisata alam air terjun oleh masyarakat setempat pada bulan-bulan belakangan ini menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat untuk mengunjungi lokasi ini. Kini, cukup banyak masyarakat yang mengisi datang kelokasi ini untuk mengisi liburan bersama keluarga.

Lokasi wisata air terjun Sampuran Botung, berjarak sekitar 5 KM dari pusat Nagari Sungai Aur dan lebih kurang 35 KM dari pusat Ibukota Pasaman Barat. Untuk mengunjungi lokasi wisata ini, dapat ditempuh dengan perjalanan darat dalam waktu sekitar 20 menit. Jalan masuknya berada disebelah kanan jalan di Tinggiran Hilir, Jorong Serasah Betung. Dari jalan poros yang menghubungkan Sontang dengan Tinggiran Hilir, lokasinya hanya berjarak sekitar 500 meter dari jalan hitam.

Menurut warga setempat, Ilham (27) memgatakan, kunjungan wisatawan ke Sampuran Botung ini selalu meningkat setiap minggunya. Baik dari berkeluarga maupun berpasang-pasangan. Tapi, semua itu dalam kontrol warga setempat.

“Kita selalu awasi para pengunjung, agar dalam menikmati suasana liburan mereka memuaskan dan tidak ada gangguan. Begitu juga terhadap pasangan muda-mudi selalu diawasi agar tidak terjadi perilaku yang tidak diinginkan,” katanya.

Selain itu dikatakan salah seorang pengunjung, Ita (34) asal Simpang Empat, mengatakan destinasi wisata alam Sampuran Botung ini sangat memuaskan, selain bisa mandi dibsungai juga bisa merasakan udara sejuk.

“Kita berkunjung ke Sampuran Botung itu bersama keluarga, dan sangatvmemuaskan. Tencananya kita akan ulangi lagi, apabila liburan nanti,” katanya. [RED]




Bagikan:
Topik: , , , ,
Loading...