Ajaib, Sempat Lama Mengering, Danau ini Kembali Digenangi Air | Redaksi Sumbar

Ajaib, Sempat Lama Mengering, Danau ini Kembali Digenangi Air

Ajaib, Sempat Lama Mengering, Danau ini Kembali Digenangi Air
Bagikan:




Agam, RedaksiSumbar.com–Objek wisata danau ajaib Tarusan Kamang yang berada di Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kab.Agam, Sumbar, yang kering sejak Agustus lalu kini mulai digenangi air.

Mak Yan (77) warga setempat mengungkapkan peningkatan air di danau yang memiliki panjang sekitar 1 km itu baru terjadi beberapa waktu belakangan.

“Seminggu terakhir naik airnya setelah kering berbulan-bulan,’’ ucap Mak Yan.

Kendati airnya mulai menggenang, namun belum bisa dipastikan kapan airnya akan terisi sepenuhnya.

“Sama sekali tak bisa ditebak kapan penuhnya,” tambahnya.

Berdasarkan pengalamannya selama puluhan tahun, danau ini tak bisa sama sekali diprediksi kapan airnya naik maupun surut. Namun curah hujan juga turut berkontribusi terkait penambahan airnya.

“Seingat saya, tahun 50-an, pernah kering selama 5 tahun. Setelahnya pernah pula 1 tahun kering. Jadi tak bisa ditebak,’’ lanjutnya.

Kata Mak Yan, jika curah hujan tetap tinggi menjelang berakhirnya Desember, kemungkinan besar Tarusan akan penuh saat pergantian tahun.

“Saat ini airnya masih kurang seperempat. Semoga cepat penuh karena kami juga bergantung dari Tarusan sebab saat airnya naik, wisatawan banyak sekali ke sini,’’ harapnya.

Pantauan di lapangan, air Tarusan sudah menggenangi beberapa titik. Terutama di bagian hulunya yang berada di bawah sebuah bukit, terlihat air sudah cukup tinggi. Sedangkan bagian tengah, kendati belum tinggi volumenya, sudah nampak genangan yang cukup besar. (Debi)




Bagikan:
Baca Juga :  Jalur Malalak-Sicincin Kembali Longsor
Tags: , ,



Berlangganan

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

banner 750x100


close