Akibat Hujan Lebat, Dua Kecamatan di Agam Ditimpa Longsor

Akibat Hujan Lebat, Dua Kecamatan di Agam Ditimpa Longsor
Warga Jorong Arikia, Nagari Tanjungsani dibantu BPBD Agam membersihkan timbunan longsor yang melanda kawasan itu, Minggu (16/4). Foto: Handria Asmi
Bagikan:

AGAM, RedaksiSumbar.com – Curah hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Kabupaten Agam sejak Sabtu malam (15/4), menyebabkan tanah longsor di dua kecamatan. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini. Warga setempat dibantu pihak BPBD Agam yang turun ke lokasi berhasil membersihkan material longsor, sehingga akses jalan dapat dilewati kembali.

Di lokasi pertama, tanah menimbun jalan yang menghubungkan Lubuksao dengan Jorong Arikia, Nagari Tanjungsani, Kecamatan Tanjung Raya. Timbunan material tersebar sebanyak dua titik pada pukul 19.35 WIB dengan panjang 10 meter dan tinggi 3 meter.

“BPBD bersama pemerintah kecamatan, nagari, dan masyarakat telah melakukan pembersihan terhadap material longsor. Pukul 13.30 WIB, pada Minggu siang jalan telah dapat dilewati kembali,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Hasrizal via ponselnya, Minggu (16/4).

Dihubungi terpisah, Camat Tanjungraya, Handria Asmi menuturkan pihaknya telah memberi peringatan dini kepada masyarakat. Wilayah Nagari Tanjungsani yang merupakan kawasan rawan bencana dinilai berpotensi longsor susulan.

“Kami sudah meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan,” tuturnya.

Adapun lokasi kedua yang juga tertimpa longsor berada di kampuangsikumbang, Jorong subarangbalingka, Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto. Material tanah hampir menimbun rumah warga, beruntung warga setempat cepat siaga dan longsor juga tidak bertambah parah.

“Longsor ini tidak merusak fasilitas umum, dan tidak ada korban jiwa, karena itu kami tidak melibatkan pihak BPBD. Hanya longsor di belakang rumah warga saja. Setelah digoro masyarakat setempat, material longsor sudah dapat dibersihkan,” ucap Camat IV Koto, Rahmi Artati.

Rahmi juga mengapresiasi kekompakan warganya dalam tanggap darurat kebencanaan. “Kami sudah laporkan peristiwanya ke pihak BPBD, namun warga yang siaga sudah terlebih dahulu bergotongroyong. Kami juga mengabarkan kepada warga lainnya untuk mewaspadai longsor susulan,” imbuhnya. [Loni Hendri]

Bagikan:
Tags: , , , , , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan