AKP Supardi Regama Dilewakan Sebagai Datuak Rajo Johan Dari Kaum Sikumbang.

AKP Supardi Regama Dilewakan Sebagai Datuak Rajo Johan Dari Kaum Sikumbang.
Prosesi arak-arakan AKP. Supardi Regama, yang dipercaya sebagai Datuak Rajo Johan, dari kaum suku Sikumbang. Kegiatan tersebut berlangsung khidmat dan langsung dilewakan oleh Rajo Adat Pelangai, Marwan Sutan Pariaman. Sabtu (6/5). (Rega Desfinal)
Bagikan:




PESISIR SELATAN, RedaksiSumabar.com – Sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia yang dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) di wilayah hukum Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Akhirnya AKP. Supardi Regama, kembali mendapat kepercayaan dari kaumnya, untuk diangkat menjadi Datuak Rajo Johan, dari kaum suku Sikumbang. Sabtu (6/5/2017) kemaren.

Prosesi pengangkatan gelar AKP. Supardi Regama sebagai Datuak Rajo Johan saat itu, langsung dilewakan oleh Rajo Adat Pelangai Marwan Sutan Pariaman. Berlangsung di Balai Adat Rumah Gadang, Koto VIII Pelangai. Serta dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi Sumbar Saipul Ardi, Muspika Kecamatan, Niniak Mamak, dan Bundo Kandung.

“Gelar Datuak Rajo Johan yang kita berikan kepada anak kemenakan kita Supardi Regama, merupakan kepercayaan dari kaum suku Sikumbang. Semoga dapat dipertanggung jawabkan dunia akhirat, sesuai amanah yang diemban,” sebut Marwan, selaku Rajo Adat Pelangai.

Sementara itu, AKP Supardi Regama yang baru saja bergelar sebagai Datuak Rajo Johan mengatakan, bahwa gelar adat yang diberikan kepadanya merupakan amanah dari kaum suku Sikumbang, dan sudah mendapat persetujuan dari Niniak Mamak, Anak Kemenakan, dan Bundo Kanduang, sehingga gelar yang diberikan kepada dirinya, memang harus benar-benar bisa dipertanggung jawabkan hingga ke anak cucu.

“Walaupun status saya sekarang sudah menjadi Datuak di suku Sikumbang. Namun, yang namanya tugas sebagai abdi negara dan pengayom masyarakat, tetap akan saya jalankan dengan iklas dan tegas, demi menjaga keamanan dan ketertiban untuk masyarakat, khususnya diwilayah hukum Basa Ampek Balai Tapan,” tegasnya. [Rega Desfinal]

Bagikan:
Tags: ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan