Alfina Braner, Satu Lagi Penyanyi Minang Pendatang Baru

Alfina Braner, Satu Lagi Penyanyi Minang Pendatang Baru
Penyani Minang pendatang baru, Alfila Braner. (Dok: Alfila Braner)
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Dalam dua tahun belakangan, gairah musik daerah seperti Minang kembali menggeliat. Hal tersebut dibuktikan dengan kemunculan sejumlah nama baru. Sebut saja Ratu Sikumbang, Dyadara, Ipank, dan sejumlah nama lainnya yang siap meramaikan blantika musik di Ranah Minang.

Nama terbaru yang siap muncul ke permukaan adalah Alfina Braner. Perempuan kelahiran Tangerang, 18 tahun lalu ini ingin menjadi penyanyi Minang lantaran kecintaannya dengan kebudayaan Minangkabau.

Berikut kutipan wawancara dengan Alfina Braner :

 

Kenapa memilih musik Minang sebagai jalan karir?

Papa berasal dari Pasaman dan ibu dari Betawi jadi saya ini Minang campuran. Tapi saya jatuh cinta dengan Minangkabau, bahkan dengan budaya. Dari kecil saya sudah hobi menyanyi. Semua jenis lagu dari dendang sendu, pop minang dan lain-lainnya bisa. Minangkabau is the bestlah pokoknya. Saya senang menghibur orang yang ada di perantauan mengingat sekarang tinggal di Jakarta.

 

Dari mana memiliki kemampuan menyanyi?

Almarhum papa memiliki peran besar. Alfina masih ingat pada tahun 2008 papa mengalami kecelakaan setelah mengantar Alfina latihan untuk tampil di sebuah program acara musik di TVRI yang bertajuk “Pelangi Minangkabau”, waktu itu masih kelas 4 SD. Semua ini Alfila dedikasikan untuk mendiang papa.

 

Prestasi apa saja yang sudah diraih dari hobi tersebut?

Tahun lalu saya sempat meraih juara 1 dari berbagai iven, sebut saja juara 1 hijab motion, yaitu lomba menyanyi perempuan berhijab tingkat nasional, juara 1 lagu Jepang se-Jabodetabek hingga tiga kali di Universitas Uhamka, SMAN 5 Depok, lalu juara berbagai festival lagu Minang tentunya.

 

Bagaimana dukungan keluarga?

Kakak saya yang kedua, yaitu Martin Braner sangat mendukung, apalagi ia sampai menjual semua alat musik ke seluruh Indonesia. Semua ini saya jalankan seperti apa yang dicita-citakan almarhum papa.

 

Kegiatan sekarang selain bernyanyi?

Sekarang hanya fokus bernyanyi dan persiapan mengeluarkan album baru.

 

Sudah berapa album yang dikeluarkan?

In shaa Allah dalam beberapa bulan akan beredar album perdana. Proses pembuatan sudah rapi semua hanya tinggal edar.

 

Bisa dibocorkan nama albumnya?

Album Dendang spesial Alfina Alkawi. Lagu andalan Parasaian si Anak Dagang yang diciptakan oleh Alkawi dan lirik oleh Nof Sikumbang.

 

Harapan ke depannya?

Semoga untuk album yang pertama ini laris dan disukai seluruh masyarakat Minangkabau dan kaset saya laku keras di pasaran.

 

[Red]




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...