Alumni, Aset Sekolah yang Perlu Diberdayakan | Redaksi Sumbar

Alumni, Aset Sekolah yang Perlu Diberdayakan

Alumni, Aset Sekolah yang Perlu Diberdayakan Dibaca : 92 Kali
Bagikan:




Padang, RedaksiSumbar.com–Keberadaan organisasi alumni sangat penting bagi sekolah. Dalam Permendiknas 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Sekolah Dasar dan Menengah menyebutkan kata ‘alumni’ dalam hal Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan secara menyeluruh harus melibatkan berbagai pihak, termasuk alumni serta dalam hal Pelaksanaan Rencana Kerja Bidang Kesiswaan yang mewajibkan sekolah melakukan pelacakan terhadap alumni.

Berdasarkan hal tersebut jugalah, dan sekaligus menyambut pergantian tahun, Ikatan  Alumni SMP Mardisiwi/Kartika1-6 Padang dari semua angkatan mengadakan reuni dan silahturahmi di sebuah cafe di Jalan Mangunsarkoro Padang, Selasa, 27 Desember  2016.

Dalam pertemuan ini, tidak hanya dilakukan temu kangen, atau sekedar silahturahmi. Banyak hal yang dibicarakan para alumni yang terdiri dari berbagai angkatan tersebut. Saat ini mereka telah tersebar dan telah banyak menguasai dunia kerja, baik di bidang swasta maupun pemerintahan. Tak sedikit diantara mereka yang menjadi TNI, Polri, Perawat, dsb. Jadi pertemuan ini dijadikan juga saling tukar informasi terhadap dunia kerja, serta membahas peran aktif para alumni untuk sekolah yang pernah mendidik mereka.

Om Pink, salah seorang pengurus Ikatan Alumni SMP Mardisiwi/Kartika 1-6 Padang mengungkapkan pertemuan alumni ini tujuan utamanya adalah merekatkan tali sirahturahmi yang mungkin saja telah lama terputus. Ketika jalinan pertemanan sudah ada, rasa kebersamaanpun bisa disatukan. Dan ketika itu sudah menjadi dasar, apapun bisa dilakukan para alumni. Termasuk membangun sekolah yang pernah mendidik mereka, atau  melakukan bhakti sosial lainnya.

“Kita mengharapkan dari pertemuan ini ada sesuatu yang kita dapat,” ungkap alumni yang akrab di panggil Om Pink ini

Seperti diketahui, SMP Mardisiwi atau sekarang yang telah berganti nama menjadi SMP Kartika 1-6, terletak di Jalan Imam Bonjol No 16, Kel Belakang Pondok, Kec Padang Selatan, Kota Padang. Sejak berdiri tahun 1984 di bawah naungan Yayasan Kartika Jaya Kodim 0312 Padang, telah ribuan siswa yang berhasil lulus dari sekolah ini. (unc)

Baca Juga :  Gubernur Sidak Timbangan Dan Samsat

 

Bagikan:
Tags: ,



No Responses

banner 750x100