Apa Yang Membuat Aliansi Mahasiswa Melaporkan Polisi ke Komnas HAM?

Apa Yang Membuat Aliansi Mahasiswa Melaporkan Polisi ke Komnas HAM?
Ampek laporkan polisi ke Komnas HAM terkait pembubaran paksa kedatangan JK 4 November 2017 lalu. (ELFITOS)
Bagikan:

PADANG, RedaksiSumbar.com – Diduga melakukan tindakan represif saat melakukan pengamanan kedatangan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla ke Kota Padang pada 4 Oktober 2017 lalu, Aliansi Mahasiswa Peduli Kampus (Ampek) melaporkan aparat kepolisian ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Sumbar.

Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Pengenalan Hukum dan Politik (UKM PHP) Universitas Andalas (Unand), Hemi Lavour Fernandez menjelaskan bahwa pihaknya menilai ada dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang dilakukan oleh oknum aparat terhadap peserta aksi damai kedatangan JK ke Unand.

Hemi menilai, aparat dinilai telah bertindak sewenang-wenangnya dan melanggar pasal 28 E ayat 3 Undang-undang Dasar (UUD) 1945 dan UU nomor 39 tahun 1999 tentang HAM.

“Kami menyampaikan aspirasi kepada Wapres RI, namun aksi dibubarkan secara paksa oleh petugas. Akibat dari tindakan represif mereka, delapan orang anggota Ampek mengalami luka karena mendapat pukulan,” ucapnya sembari menunjukkan bukti foto adanya dugaan tindakan kekerasan terhadap mahasiswa, Kamis (9/11/2017).

Baca : Dianggap Sebagai Provokator, Sejumlah Mahasiswa Digelandang

Pihaknya mempermasalahkan batas waktu berorasi yang dilakukan oleh Ampek saat kedatangan JK selama lima menit. “Padahal di kesepakatan awal, mereka memberikan batas waktu selama 15 menit. Sebelum lima menit, polisi langsung mengambil tindakan dengan membubarkan secara paksa aksi damai yang kami lakukan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Pelayanan dan Pengaduan Komnas HAM Sumbar, Firdaus menyatakan akan segera memproses laporan tersebut. Namun, dirinya juga menyarankan agar sejumlah mahasiswa yang menjadi korban melaporkan insiden tersebut ke bagian Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sumbar.

“Kita pelajar dahulu laporannya terkait adanya pelanggaran HAM atau tidak. Namun, kami juga menyarankan agar aliansi mahasiswa tersebut juga melayangkan laporan ke Propam Polda Sumbar,” ujarnya. [EFT]

Bagikan:
Tags: , , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan