Anggota DPRD Sumbar: Minimalisir Banjir Pessel, Normalisasi Batang Lubuk Nyiur Harus Menjadi Skala Prioritas

Anggota DPRD Sumbar: Minimalisir Banjir Pessel, Normalisasi Batang Lubuk Nyiur Harus Menjadi Skala Prioritas
Bagikan:




Painan, RedaksiSumbar.com–Usulan normalisasi Batang Lubuk Nyiur, Kecamatan Batang Kapas dirasa mendesak dan harus menjadi skala prioritas baik pada musrenbang kecamatan, kabupaten maupun tingkat provinsi sehingga dapat direalisasikan pada tahun anggaran 2018 nanti.

Demikian dikatakan Anggota DPRD Sumbar, Saidal Masfiyuddin didampingi anggota DPRD Sumbar lainnya, Risnaldi dan Syafril Ilyas ketika meninjau sejumlah infrastruktur yang rusak akibat banjir di Nagari IV Koto Mudiek, Pesisir Selatan, Senin (16/1) lalu.

Pada kesempatan itu juga hadir sejumlah kepala OPD terkait, baik tingkat provinsi maupun kabupaten, walinagari, dan pemuka masyarakat lainnya.

Lebih lanjut Saidal menyatakan, normalisasi sungai bertujuan meminimalisir bencana banjir yang sering melanda daerah ini. Bahkan  pekan pertama Januari 2017 merupakan banjir terbesar yang terjadi sejak 4 tahun terakhir.

Selain ribuan jiwa terisolasi, banjir juga mengakibatkan sejumlah infrastruktur rusak. Seperti jembatan permenan Lubuk Nyiur, baronjong pengaman tebing Surau Pasia dan lainnya.

“Kedepan perlu dilakukan penanganan, terutama normalisasi sungai pada titik-titik rawan,” tuturnya.

Disebutkan, banjir dipicu hujan lebat sehingga alur sungai tidak mampu lagi menampung debit air dari hulu. Banjir merendam pemukiman dan infrastruktur jalan menuju empat nagari. Oleh karena itu, alur sungai harus dinormalisasi.

Dinas PSDA Provinsi Sumatera Barat dalam waktu dekat akan melakukan survei alur sungai yang akan dinormalisasi. Melalui survei tersebut, nantinya akan ditentukan titik mana alur sungai yang harus dinormalisasi serta alokasi anggaran yang dibutuhkan, ujarnya.

[Rega Desfinal]

 

Bagikan:
Tags: , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan