Angin Kencang Hanguskan Rumah Industri Jagung Goreng | Redaksi Sumbar

Angin Kencang Hanguskan Rumah Industri Jagung Goreng

Angin Kencang Hanguskan Rumah Industri Jagung Goreng Dibaca : 236 Kali
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Cuaca panas yang diikuti angin kencang beberapa hari ini di kawasan Kota Padang dan sekitarnya membuat berbagai musibah terjadi di Kota Padang. Setelah pada Senin (13/2/2017) siang sekitar pukul 12.10 WIB angin kencang menerbangkan atap rumah yang ditempati oleh Toni Naldi (34) di kawasan Gurun Laweh, RT 01 RW 03, Kelurahan Gurun Laweh, Kecamatan Nanggalo, kali ini balada kembali menghantui warga.

Adalah kebakaran yang menghanguskan satu unit dapur tempat penggorengan usaha jagung goreng milik Mariam (40) yang berada di Perumahan Komplek Griya Insani Ambacang Blok A/2 RT 04 RW 07 Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji pada Rabu (15/2) siang sekitar pukul 11.30 WIB.

Kejadian berawal ketika salah seorang pekerja Mariam bernama Sukasman (25) tengah melakukan penggorengan jagung seperti biasanya dengan menggunakan kayu bakar. Nahas, angin yang kebetulan kencang dan dapur yang memiliki banyak ruang bagi angin berkobar dan membakar bagian atas rumah.

“Saya berteriak meminta tolong lalu ditolong oleh Hafiz (18), anak kandung ibu Mariam Pak untuk menghubungi pihak pemadam kebakaran (damkar). Sementara kami berusaha menyelamatkan barang dan peralatan produksi jagung yang lainnya, sementara yang lainnya dan warga setempat berusaha memadamkan api,” sebut Sukasman.

Petugas pemadam kebakaran yang mendapati informasi kemudian menerjunkan setidaknya enam unit armada pemadam karena api yang cukup besar dan banyaknya kayu yang membuat api cepat merambat ke bangunan usaha rumahan tersebut.

“Angin yang kencang membuat masyarakat harus ekstra waspada, baik itu pada saat membangun rumah maupun tengah memasak. Kurang dalam seminggu ini saja sudah dua kejadian akibat angin yang kencang,” ujar Kabid Damkar Kota Padang, Basril yang didampingi Kasi Ops, Suhardi.

Baca Juga :  BNN Kota Padang Musnahkan 19 Gram Sabu-Sabu

Tidak hanya menghanguskan satu unit dapur rumah industri jagung goreng, ulah masyarakat yang tidak bertanggung jawab membakar sampah di lahan kosong secara sembarangan hampir merambat ke bangunan yang berada di Komplek Perumahan Puri Garden, RT 01 RW 09 Kelurahan Ampang, Kecamatan Kuranji.

Api nyaris menghanguskan rumah Fauzi (50), yang berada di sekitar lahan kosong tersebut. Basril juga meminta masyarakat agar jangan membakar sampah di siang hari dan angin kencang yang melanda Kota Padang.

“Karena selain menimbulkan polusi, angin yang kencang membuat api dengan mudahnya menyambar ke objek bangunan yang lainnya,” ujrnya. [adl]

Bagikan:
Tags: ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close