Antisipasi Balap Liar, Polres Bukittinggi Giatkan Patroli Malam | Redaksi Sumbar

Antisipasi Balap Liar, Polres Bukittinggi Giatkan Patroli Malam

Antisipasi Balap Liar, Polres Bukittinggi Giatkan Patroli Malam Dibaca : 246 Kali
Bagikan:

BUKITTINGGI, RedaksiSumbar.com – Guna mengantisipasi terjadinya aksi balapan liar di wilayah hukum Polres Bukittinggi, pihak Kepolisian Resort Kota Bukittinggi melalui satuan lalu lintasnya terus gencar melakukan patroli malam di wilayah yang sering di jadikan lokasi balapan oleh muda-mudi.

KBO Satuan Lalu Lintas Polres Bukittinggi, IPTU Dedi Kurnia mengungkapkan patroli tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya balapan liar yang mengakibatkan kecelakaan, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

“Patroli kita lakukan untuk menindaklanjuti adanya laporan dari masyarakat yang meresahkan serta adanya instruksi dari kapolda sumbar untuk giat melakukan patroli balapan liar,” ujarnya.

Giat patroli, sambung Dedi telah dilakukan sejak sebulan terakhir dan razia dimulai dari jam 23.00 malam untuk menghalau pelaku balapan liar.
Adapun kawasan yang sering dijadikan lokasi balapan liar untuk wilayah Bukittinggi terdapat di daerah gulai bancah mandiangin koto Selatan (MKS) dan jalan Sudirman dan untuk wilayah agam terdapat di daerah kubang putiah banuhampu, gaduik, kamang dan beberapa daerah lainnya.

“Dari sebulan patroli yang dilakukan kawasan jalan Sudirman sudah steril dari balapan liar, tinggal beberapa daerah lainnya akan gencar kita lakukan tindakan preventif,” katanya.

Dedi menambahkan selama razia telah diamankan motor yang dijadikan untuk balapan, namun ketika mau diamankan pelaku langsing lari dan meninggalkan motor mereka, yang kemudian kendaraan tersebut dibawa ke polres Bukittinggi.

“Sejauh kita mengamankan barang bukti motor belum ada yang menjemputnya, dan jika motor tersebut di ambil pemiliknya kita akan lakukan tindakan penilangan dan membuat surat perjanjian dengan yang bersangkutan untuk tidak melakukan balapan liar lagi,” jelasnya.

Melalui razia rutin balapan liar tersebut, pihak satuan lalu lintas polres Bukittinggi tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas kepada pelaku karena hal demikian bisa membahayakan diri sendiri dan meresahkan masyarakat.

Baca Juga :  Polisi Segera Panggil Pihak Manajemen Juliet PUB Dan Lakukan Gelar Perkara

Disamping itu, sebut Dedi mungkin para balapan liar itu mempunyai bakat dalam racing namun cara mereka dalam mengimplementasikannya salah dengan memakai sarana umum dengan berlaya ugal-ugalan.

“Setidaknya nanti kita akan coba lakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk menyediakan lokasi yang pantas untuk di jadikan area balapan, bisa jadi kita usulkan daerah di bukit ambacang,” tuturnya.

Jika itu semua terwujud, sambungnya mungkin aksi balapan liar akan kurang dan tidak meresahkan masyarakat serta bakat mereka pun dapat tersalurkan. [Debi Kurnia]

Bagikan:
Tags: , , ,
Loading...
Solok Selatan dalam Berita

No Responses

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.

close