APK Paslon Hilang, KPU Dinilai Harus Bertanggung Jawab

APK Paslon Hilang, KPU Dinilai Harus Bertanggung Jawab
Alat Peraga Kampanye (APK) KPU yang terpampang di kawasan Siteba, Kecamatan Nanggalo yang sempat hilang beberapa waktu lalu. (Istimewa)
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang dinilai harus bertanggung jawab atas insiden hilangnya Alat Peraga Kampanye (APK) salah satu pasangan calon, Emzalmi-Desri Ayunda di kawasan Siteba, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat.

Panitia Pengawas Pemilu kota Padang mengungkapkan bahwa Pemasangan APK tersebut sudah sesuai prosedur dengan disaksikan oleh pihak terkait.

“Kami sudah dapat laporan dari panitia pengawas Kecamatan Nanggalo bahwa APK yang dipasang oleh KPU disana lengkap, hanya saja dalam pengawasan kita kemaren itu ada umbul-umbul pasangan nomor urut 1 hilang dua buah dari yang dipasang empat buah untuk masing masing pasangan calon,” kata staf divisi Penindakan Pelanggaran Panwaslu Kota Padang, Romi Fernando, Rabu, 28 Maret 2018.

Menurutnya, untuk menindaklanjuti peristiwa tersebut, pihak PPK dan Panwascam Kecamatan Nanggalo sedang menelusuri kronologis kejadiannya.

“Sedang ditelusuri, untuk sementara biar seimbang dan tidak menimbulkan kegaduhan maka KPU dan Panwaslu kota Padang bersepakat untuk menyamakan jumlah APK yang terpasang di lokasi tersebut atau bisa juga menurunkan semua APK di lokasi itu,” lanjutnya.

Sementara itu, komisioner KPU Kota Padang Mahyudin menegaskan bahwa pemasangan APK di titik tersebut sudah sesuai dengan ketentuan dan ada bukti fotonya.

“Spanduk tersebut dipasang sebelum tanggal 23 Maret 2018 di lokasi hilangnya APK Emzalmi-Desri Ayunda, terkait kehilangan kami sudah laporkan ke pihak yang berwajib,” tuturnya. [EFT]




Bagikan:
Topik: , , , ,
Loading...