April 2017, Bukittinggi Mengalami Deflasi 0,18 Persen | Redaksi Sumbar

April 2017, Bukittinggi Mengalami Deflasi 0,18 Persen

April 2017, Bukittinggi Mengalami Deflasi 0,18 Persen Dibaca : 193 Kali
Bagikan:

BUKITTINGGI, RedaksiSumbar.com – Badan Pusat Statistik (BPS) kota Bukittinggi mencatat selama bulan April 2017, Kota Bukittinggi mengalami deflasi sebesar 0,18 persen yang disebabkan karena adanya penurunan indeks pada kelompok bahan makanan.

Kepala Seksi Distribusi BPS Bukittinggi, Lisa Yanti, Kamis (4/5/2017) mengatakan selama April 2017 berbagai komoditas mulai menunjukkan penurunan harga terutama pada kelompok bahan makanan.

“Deflasi terjadi pada kelompok bahan makanan sebesar 1,25 persen, dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,10 persen,” ujarnya.

Ia menambahkan terdapat peningkatan indeks pada empat kelompok pengeluaran yakni kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,51 persen, kelompok sandang sebesar 0,24 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,07 persen, dan kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,19 persen. Sedangkan satu kelompok pengeluaran yaitu kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga tidak mengalami perubahan indeks.

“Beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga yakni Cabai merah, Bawang merah, Beras, Ikan Dencis, Buncis, Daging ayam Ras, Apel, Gula Pasir, cabe hijau, cabai rawit dan komoditas lainnya,” jelasnya.

Sedangkan komoditas yang mengalami kenaikan harga selama April 2017 berupa Bahan Bakar RumahTangga, Jengkol, Ikan Tongkol/Ambu-ambu, Tarif Pulsa Ponsel, Kentang, Emas Perhiasan, Belut, Minyak Goreng.

“Pada bulan April 2017, dari 82 kota Indeks Harga Konsumen (IHK), 53 kota mengalami inflasi dan 29 kota lainnya mengalami deflasi. Deflasi tertinggi terjadi di Kota Singaraja sebesar 1,08 persen dan terendah di Kota DKI Jakarta sebesar 0,02 persen. Kota Bukittinggi menduduki posisi ke-15 di Pulau Sumatera dan urutan ke-67 dari seluruh kota di Indonesia,” tuturnya. [Debi Kurnia]

Bagikan:
Baca Juga :  Wabup Pasbar Harap SPBU Buka 24 Jam Selama Mudik
Tags: ,
Loading...
Solok Selatan dalam Berita

No Responses

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.

close