Arial Efendi : Budi Daya Ikan Di Pasbar Terus Ditingkatkan

Arial Efendi : Budi Daya Ikan Di Pasbar Terus Ditingkatkan
Kadis Perikanan Pasbar, Arial Efendi.
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Potensi perikanan di Kabupaten Pasaman Barat sangat menjanjikan, baik di laut maupun ikan air tawar. Dengan kondisi seperti itu tentu kita sebagai instansi teknis terus memberi dorongan dengan memberi bantuan bagi kelompok tani yang ada.

Tentu hal tersebut sebagai langkah antispasi, jika cuaca kurang mendukung nelayan untuk melaut maka alternatif lain ikan air tawar sebagai penggantinya.

Dengan adanya potensi tersebut, ujar Kepala Dinas Perikanan Pasaman Barat, Arial Efendi, Pemda setempat terus berupaya agar penyiapan akan terpenuhinya kebutuhan akan ikan jangan sampai terjadi kekurangan.

“Selaku instansi teknis terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat betapa pentingnya manfaat protein ikan bagi asupan gizi keluarga,” katanya.

Ada beberapa lokasi tambak ikan yang sudah dikelolah para tani dengan beberapa jenis ikan air tawar, seperti ikan nila dengan pangsa pasar yang cukup menjanjikan, dengan harga per kilogramnya dalam kisaran Rp 16.000 hingga Rp 18.000. Sementara untuk Nila pangsa pasarnya mencapai Rp. 20.000 hingga 25.000.

Berbagai jenis ikan seperti ini terus kita dorong, dengan memberikan bibit, pakan bagi kelompok tani yang ada. Hal ini sebagai upaya kita untuk memabantu masyarakat dari sisi pembiayaannya, sehingga dari bantuan itu bisa memaksimalkan usaha yang mereka (kaum tani) geluti.

“Selain memberikan bantuan ke Kelompok Tani, kami juga serahkan bantuan ke kelompok masyarakat yang memiliki ikan larangan yang ada di perkampungan masyarakat. Demi menunjang perikanan yang cukup di Pasaman Barat,” ujarnya. (Red)




Bagikan:
Topik: ,
Loading...