ASEAN Punya Sekjen Baru, Ini Janjinya

ASEAN Punya Sekjen Baru, Ini Janjinya
Sekjen ASEAN, Lim Jock Hoi. (sumber : asean.org)
Bagikan:




JAKARTA, RedaksiSumbar.comAssociation of South East Asia Nations (ASEAN) atau yang disebut juga dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara) resmi memiliki Sekretaris Jenderal (Sekjen) yang baru.

Dia adalah Lim Jock Hoi, seorang Diplomat senior asal Brunei Darussalam. Lim terpilih menduduki posisi sebagai Sekjen menggantikan Le Luong Minh dari Vietnam yang telah menyelesaikan masa baktinya pada 31 Desember 2017 lalu.

Lim resmi ditunjuk sebagai Sekjen baru pada November 2017 dalam perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Manila, Filipina dengan masa jabatan dari tahun 2018 hingga 2022 mendatang.

“Kami ingin memperkuat institusi ASEAN dan konektivitas masyarakatnya supaya bisa mempertahankan ASEAN sebagai penggerak ekonomi dan integrasi di kawasan,” kata Lim dalam pidato perdananya di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Jumat (5/1/2018).

Ia juga memuji kinerja yang telah dilakukan oleh pendahulunya, Le Leuong Minh karena berhasil menjadikan ASEAN sebagai salah satu pemain penting dalam ekonomi global.

Dengan semakin berperannya ASEAN di kancah internasional, dirinya yakin organisasi regional antar negara di kawasan Asia Tenggara tersebut memiliki kesempatan untuk menjadi besar.

“Saat ini adalah waktu yang tepat bagi ASEAN mempersiapkan masyarakatnya untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan, dengan kerja sama dan integrasi yang kuat, ASEAN akan bisa menghadapi tantangan di masa depan yang begitu besar dan memaksimalkan potensi kolektif anggotanya,” ucap mantan Sekretaris Tetap Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Luar Negeri Brunei tersebut. [Red]

Sumber : cnnindonesia.com




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...