Atasi Bencana Banjir, Bupati Pessel, Hendrajoni, Kerahkan Semua OPD | Redaksi Sumbar

Atasi Bencana Banjir, Bupati Pessel, Hendrajoni, Kerahkan Semua OPD

Atasi Bencana Banjir, Bupati Pessel, Hendrajoni, Kerahkan Semua OPD Dibaca : 951 Kali
Bagikan:




Pesisir Selatan, RedaksiSumbar.com–Hujan berintesitas tinggi terus turun di Kabupaten Pesisir Selatan beberapa hari ini. Kondisi ini mengakibatkan beberapa kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan terkepung banjir dan longsor. Empat Kecamatan terparah adalah Koto XI Tarusan, Bayang, Batang Kapas dan Tapan.

Luapan sungai Batang Tapan Kecamatan BAB Tapan membuat air meluap ketengah jalan nasional yang menghubungkan antara Kec BAB Tapan – Kabupaten Sungai Penuh Kerinci dan Kabupaten Muko-Muko menjadi lumpuh.

Berdasarkan informasi di lapangan, ada 4 titik ruas jalan di Tapan – Sungai Penuh yang longsor. Seperti di daerah Puncak Km 6 dengan longsoran material batu, tanah dan batang pohon yang menutupi seluruh  badan jalan serta Batas Soko (Tapan) – Sungai Penuh.

Kasat Lantas Polres Kerinci, AKP Supriyanto ketika dikonfirmasi mengatakan, longsoran tanah ada beberapa titik sepanjang 20 meter, jalan tertutup material tanah, batu dan batang pohon sehingga kendaraan yang datang dari arah Tapan – Sungai Penuh tidak bisa lewat, begitu juga sebaliknya.

“Kita sedang upayakan dengan mendatangkan alat berat untuk melakukan pembersihan material tanah dan batu,” terangnya Jumat (5/1).

Banjir yang menerjang di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan membuat Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni prihatin. Ia beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turun  ke lokasi banjir di empat  kenagarian di Kecamatan Batang Kapas.

“Semua OPD  turun kelokasi banjir,” terang Hendrajoni.

Ia menambahkan, kepada pihak camat, wali nagari yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan untuk segera memberikan informasi cepat kepada Pemkab Pessel agar segera dilakukan penanganan dan pemberian bantuan. Baik dari BPBD maupun Dinas Sosial.

Untuk di Kec Batang Kapas, ada kurang lebih 1200 Kepala Keluarga terkena banjir, mereka tersebar di empat nagari. Kepala Camat  Batang Kapas, Zoni Eldo telah mendirikan posko tanggap darurat untuk membantu mereka yang membutuhkan. (Galang)

Bagikan:
Baca Juga :  DPRD Pessel Gelar Paripurna Pertama Ditahun 2017
Tags: ,



No Responses


close