Badan Pendapatan Daerah Pessel Garap PAD Sektor Baru | Redaksi Sumbar

Badan Pendapatan Daerah Pessel Garap PAD Sektor Baru

Badan Pendapatan Daerah Pessel Garap PAD Sektor Baru Dibaca : 408 Kali
Bagikan:




PESISIR SELATAN, RedaksiSumbar.com- Mengurangi kebocoran pendapatan terhadap pungutan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pesisir Selatan, Dinas Pendapatan Kabupaten Pesisir Selatan melakukan langkah cepat dengan menggali sumber pendapatan baru yang bisa mendongkrak pendapatan asli daerah pada tahun 2017 ini.

Banyaknya kebocoran pendapatan asli daerah dari beberapa sektor yang ada merupakan salah satu faktor yang membuat pendapatan asli pajak daerah menurun.

Badan Pendapatan Kabupaten Pesisir Selatan adalah OPD baru yang berdiri berdasarkan Perda No 8 Tahun 2016 bahwa Badan Pendapatan adalah unsur penanggungjawab keuangan di bidang pendapatan asli daerah.

Kepala Badan Pendapatan, Dasrianto Putra ketika ditemui diruang kerjanya menjelaskan, Badan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pesisir Selatan enam bulan kedepan akan fokus mengurangi kebocoran terhadap pungutan pendapatan asli daerah. Dengan menggali potensi dan sumber pendapatan baru daerah seperti penginapan, rumah makan dan homestay.

“Kita akan coba benahi perlahan-lahan sesuai dengam visi dan misi Badan Pendapatan,” ujar Dasrianto, Selasa (31/1).

Anto menuturkan, adapun visi Badan Pendapatan Kabupaten Pesisir Selatan adalah terwujudnya peningkatan PAD melalui tertib adiministrasi dan pelayanan prima serta didukung peran aktif masyarakat.
Sedangkan misi pada Badan Pendapatan ada lima macam. Pertama, Koordinasi penerimaan PAD melalui kerjasama efektif dengan instansi terkait dalam perencanaan dan pengawasan. Kedua, penggalian sumber pendapatan baru (rumah makan, homestay dan hotel). Ketiga, memberikan pelayanan pajak maksimal. Ke-empat, Tingkatkan/intensifkan koordinasi, pemeriksaan, dan pengendalian operasional, lakukan monitoring, rekonsiliasi serta laporan terhadap penerimaan PAD. Kelima, mewujudkan tim word/tim kerja yang baik dan profesional.

“Kita juga telah buat Ranperda, Jasa Perizinan Tertentu, Jasa Usaha dan Jasa umum,” jelas Anto.

Badan Pendapatan Kabupaten Pesisir Selatan menargetkan tahun 2017 pendapatan asli daerah bisa meningkat 20% dari tahun 2016. Anton juga menegaskan kepada seluruh anggotanya agar tidak ada yang bermain -bermain dengan setoran pajak. Tidak ada uang yang berada di kas daerah, semuanya langsung di setor ke Bank Nagari.

Baca Juga :  Hendrajoni, Penghargaan WTN Keberhasilan Kita Bersama

“Jika ada yang bermain-main, kita akan berikan sanksi tegas,” tuturnya.

[Irfan/Rega]

Bagikan:
Tags: , ,



No Responses


close