Bank BRI Cabang Simpang Empat Diduga Kangkangi Aturan

Bank BRI Cabang Simpang Empat Diduga Kangkangi Aturan
Poto - Gedung kantor Bank BRI Cabang Simpang Empat, Pasbar. (Bisri Batubara)
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Keberadaan gedung kantor cabang Bank BRI Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat diduga belum kantongi Izin Lingkungan. Padahal, gedung itu terdiri dari 3 lantai ditambah Baseman.

Seharusnya, memiliki izin UKL/UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan) berdasarkan peraturan pemerintah No.27 tahun 2012 tentang izin lingkungan atau lebih besarnya lagi UU Nomor 32 Tahun 2009.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman Barat, melalui Kepala Bidang Penataan PPLH dan Peningkatan Kapasitas dinas Lingkungan Hidup, Zulkarnain, S.Pd MM, Jum’at (31/8/2018) saat dikonfirmasi, membenarkan bahwa setaunya gedung itu belum mengantongi izin Lingkungan.

“Iya, kita belum ada menerbitkan izin lingkungan untuk gedung Bank BRI Cabang Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat. Padahal, dengan bangunan bertingkat seperti itu sudah seharusnya ada, ditambah lagi masalah lalu lintas (Lalin) jalan nasional yang dekat dengan bangunan,” ujar Zulkarnaen.

Ditambahkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMP2TSP) Pasaman Barat melalui Kabid Perisinan, Endon, melalui telepon genggamnya, Senin (3/9/2018) mengatakan tidak tau terkait Izin Lingkungan ada atah tidak. Karena, pada saat pengajuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pembangunan gedung cabang Bank BRI Simpang Empat itu 3 tahun yang lalu, Izin Lingkungan tidak dibunyikan.

“Kita mengacu pada peraturan terkait perizinan, pada saat itu tidak ada Izin Lingkungan diminta. Kita hanya perlu saat saat itu rekomendasi tata ruang dan tekhnis bangunan. Karena, bamgunan itu bertingkat,” terangnya.

Terkait Lalu Lintas (Lalin) kata Endon, memang saat itu belum dikaji. “Kita akan koordinasikan dengan Dinas Lingkungan Hidup, agar semua jelas,” akhirnya.

Setelah dikonfirmasi Bagian Umum BRI Cabang Simpang Empat, Tasbih Marunduri, Jum’at (31/8/2018) mengatakan untuk urusan terkait izin lingkungan itu urusan pihak Kanwil atau kantor pusat Bank BRI .

“Setau kita, tidak ada surat dari dinas untuk pembuatan dokumen lingkungan,” katanya. (Red)




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...