Batang Aia Kalundutan Garagahan, Sumber Penghidupan Masyarakat

Batang Aia Kalundutan Garagahan, Sumber Penghidupan Masyarakat
Sekumpulan Anak Menambang Batu di Batang Aia Kalundutan, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam. (Jeni)
Bagikan:




AGAM, RedaksiSumbar.com – Nagari Garagahan Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatra Barat merupakan salah satu nagari yang dialiri oleh dua sungai dan salah satunya Batang Aia Kalundutan.

Di sungai tersebut masyarakat sangat memgantungkan kehidupannya untuk mencari nafkah seperti irigasi pertanian, tambang batu, tambang pasir, mencari ikan, dan masih banyak lagi.

Salah seorang pencari batu di Batang Aia Kalundutan Ida, 28, mengatakan bahwa dirinya mencari batu apung dan batu bintang setiap harinya mulai dari pagi hingga malamnya dan selalu dibantu oleh kudua orang anaknya.

“Paling banyak dalam sehari saya mendapatkan batu apung empat gerobak yang dihargai Rp7 ribu per gerobaknya, selain itu saya juga mencari batu bintang yang dihargai Rp11 ribu per gerobaknya oleh toke batu. Untuk batu bintang pendapatan yang tidak menentu, karena batu yang dikumpulkan kecil-kecil dan agak sulit untuk mengumpulkannya,” tuturnya, Sabtu, 28 April 2018. [JNS]




Bagikan:
Topik: , ,
Loading...