Batang Bayang Meluap Puluhan Rumah Terendam Banjir | Redaksi Sumbar

Batang Bayang Meluap Puluhan Rumah Terendam Banjir

Batang Bayang Meluap Puluhan Rumah Terendam Banjir
Tampak kondisi banjir diJorong Irian, Nagari Ujung Gading. [Bisri Batubara]
Dibaca : 366 Kali
Bagikan:

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Puluhan rumah di Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Lembah Melintang, Pasaman Barat, Sumatera Barat terendam banjir setinggi setengah meter, Banjir ini akibat meluapnya Sungai Batang Bayang yang membentang di wilayah tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian materi diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah dan sebagian kepala keluarga terpaksa mengungsi ke tempat aman karena takut banjir susulan terjadi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Tri Waluyo, Rabu (26/4/2017) sekitar pukul 19.00 Wib mengatakan bencana alam banjir berawal ketika hujan turun dengan deras sejak siang hingga sore menjelang. Warga yang melihat air sungai terus meninggi sempat mengamankan barang-barang berharga agar tidak terendam banjir.

“Menjelang sore air sungai meluap hingga merendam dua Jorong yaitu Jorong Irian dan Jorong Koto Sawah, Nagari Ujung Gading. Akibatnya sebagian kepala keluarga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman dan sebagian ketempat saudara mereka,” katanya.

Pihak Nagari dan kecamatan sedang mendata total keseluruhan jumlah rumah yang terendam dan kerugian untuk dilaporkan ke BPBD Pasaman Barat, agar data itu jelas. Sampai malam ini sebagian belum berani untuk pulang kerumahnya karena masih ditakutkan banjir susulan.

“Malam ini juga semua data harus sudah di BPBD Pasaman Barat, agar bisa dihitung dan dipertimbangkan dalam memberikan batuan,” sebutnya.

Dihimbau kepada masyarakat agar waspada, karena sungai Batang Bayang itu tidak bisa ditafsirkan besar kecilnya. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Baca Juga :  Ponpes Adlaniyah Pasbar Gelar Yudisium Dan Tasyakuran
Tags: ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close