Baznas Bukittinggi, Ingatkan Masyarakat Sadar Zakat

Baznas Bukittinggi, Ingatkan Masyarakat Sadar Zakat
Bagikan:




BUKITTINGGI, RedaksiSumbar.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi terus berupaya mengingatkan masyarakat untuk sadar zakat agar target untuk menghimpun zakat di tahun 2017 sebesar Rp. 2,5 milyar bisa tercapai.

Kepala Baznas Bukittinggi, Rahman Ritongga mengatakan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan masyarakat akan sadar zakat dengan turun ketengah masyarakat melalui himbauan.

“Kita hanya mengingatkan orang-orang kaya untuk berzakat, mungkin mereka lupa atau lalai atau bahkan belum tau apa mereka wajib zakat atau belum, maka kita wajib mengingatkannya,” ungkapnya, Selasa (9/5/2017).

Selain mengingatkan untuk sadar zakat, sambung Rahman, langkah itu juga dilakukan agar yang belum tau tentang ketentuan zakat dapat memahami ketentuannya agar penyaluran zakat jelas sesuai syariat.

“Kita hanya takut penyaluran zakat tidak tepat sasaran, karena banyak orang-orang yang belum ahli di bidang verifikasi penyaluran zakat siapa yang berhak menerima,” jelasnya.

Rahman Ritongga mengumpamakan jika zakat diberikan kepada 20 orang mustahiq dan ada 2 diantaranya tidak tergolong mustahiq maka zakat tersebut tidak sah, dikerenakan pemberian zakat tidak mencukupi ketentuan, dimana zakat menurut agama ialah 2,5%, maka yang diberikan tersebut termasuk kepada sedekah sunah.

Di samping imbauan kepada masyarakat, pihaknya juga memberikan imbauan kepada masjid-masjid yang memiliki pengurus pengumpulan zakat agar tidak menyalurkan sendiri zakat yang terkumpul.

Ia menjelaskan bahwa pihak yang berhak mengumpulkan dan mendistribusikan zakat adalah lembaga yang ditunjuk pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, Alquran dan hadis.

“Di masjid ada unit pengumpul zakat (UPZ), kami mengimbau pihak masjid paling tidak mengajukan tiga orang pengurus kepada Baznas untuk dikeluarkan Surat Keputusan (SK) agar dapat mendistribusikan sendiri zakat yang dikumpulkan sesuai dengan kewenangan yang diberikan Baznas,” katanya.

Maka demikian, sambung Rahman UPZ tersebut sudah bisa mendistribusikan zakat sendiri kepada mustahiq dengan catatan ada laporan ke pihak Baznas.

Rahman Ritongga mengharapakan melalui beberapa program Baznas yakni Bukittinggi Cerdas, Bukittinggi Sehat, Bukittinggi Takwa, Bukittinggi Makmur, dan Bukittinggi Peduli di harapkan pengumpulan zakat tercapai dan kepada masyarakat juga di harapkan agar menyalurkan zakatnya ke lembaga yang jelas agar zakat yang diberikan menjadi sah menurut agama.[Debi Kurnia]

Bagikan:
Tags: ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan