Bentengi Diri dari Pengaruh Budaya Asing, Ini yang Dilakukan Bundo Kanduang Kecamatan Koto Lalang Padang | Redaksi Sumbar

Bentengi Diri dari Pengaruh Budaya Asing, Ini yang Dilakukan Bundo Kanduang Kecamatan Koto Lalang Padang

Bentengi Diri dari Pengaruh Budaya Asing, Ini yang Dilakukan Bundo Kanduang Kecamatan Koto Lalang Padang Dibaca : 390 Kali
Bagikan:




Padang, RedaksiSumbar.com–Masyarakat yang berbudaya tentu tidak lepas dari seni dan berkenian. Apalagi masyarakat Minangkabau. Sejak dulunya seni menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keseharian mereka. Sebut saja randai, rabab, saluang, indang, tari-tarian dan masih banyak lagi seni sebagai ekspresi diri pemiliknya. Bahkan tidak hanya itu, seni juga bisa menjadi alat perjuangan, dan alat pemersatu bangsa.

Dalam rangka ulang tahun Bundo Kanduang yang ke-42, pengurus Bundo Kanduang Kecamatan Lubuk Kilangan bekerjasama dengan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang mengadakan lomba lagu ‘Bundo Kanduang’. Lomba ini diikuti oleh enam kelurahan yang ada di Kecamatan Lubuk Kilangan, bertempat di Gedung Serba Guna Semen Padang, Rabu (28/12).

Ketua Bundo Kanduang Kecamatan Lubuk Kilangan, Fatmawati mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta akan budaya dan kesenian Minangkabau. Sekaligus sebagai benteng masuknya pengaruh budaya asing yang begitu deras menggerus budaya dan kesenian Minangkabau.

“Jika tak kita lestarikan dan budayakan kesenian Minangkabau ini, maka jati diri kita sebagai orang Minang perlahan akan hilang, tergantikan oleh kesenian Barat yang jelas-jelas bukan berakar dari budaya Minangkabau,” jelasnya.

Dalam lomba lagu ‘Bundo Kanduang’ ini berhasil keluar sebagai pemenang adalah Kelurahan Koto Lalang, kemudian disusul Kelurahan Banda Buek, dan pemenang tiga adalah Kelurahan Baringin.

Selain itu ditampilkan pula peragaan busana bertema baju kuruang lamo yamg semakin menyemarakkan kegiatan tersebut. (ijl)

 

Bagikan:
Baca Juga :  Video : Diduga Nikahi Istri Orang, Ketua DPRD Padang Dilaporkan ke Polisi
Tags: , ,



No Responses

banner 750x100