Beras Kualitas Medium Bisa Ditemukan di Empat Pasar Ini

Beras Kualitas Medium Bisa Ditemukan di Empat Pasar Ini
Ilustrasi (Net)
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Salah satu faktor utama tingginya minat dan daya beli masyarakat adalah kestabilan harga sembilan bahan pokok (sembako) yang merupakan kebutuhan sehari-hari. Langkah tersebut dapat diambil dengan melakukan beberapa langkah, seperti operasi pasar.

Dalam kegiatan operasi pasar yang digelar oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) II Sumbar, sebanyak 12 ton beras kualitas medium dijual dengan harga Rp9.850 per kilogram di empat pasar yang ada di Kota Padang, Sumbar, yaitu Pasar Raya Padang, Alai, Nanggalo, dan Lubuk Buaya.

Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan Operasional Pelayanan Publik (POPP) Bulog Sumbar, Laswendri menyebut, operasi pasar kali ini diharapkan dapat menstabilkan harga beras di pasaran, khususnya beras medium karena beras merupakan kebutuhan pokoj yang strategis sehingga perlu diperhatikan serius oleh pemerintah.

“Dalam operasi pasar kali ini, Bulog menyediakan 12 ton beras dengan harga yang relatif terjangkau masyarakat, yakni Rp9.850 per kilogram dengan kualitas beras medium. Masyarakat bisa mendapatkan beras tersebut di empat pasar yang ditunjuk,” kata Laswendri, Rabu (10/1/2018)

Lebih lanjut Laswendri mengatakan bahwa kegiatan operasi pasar tidak ada batasan karena pasokan beras Bulog terus ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Sasaran kegiatan ini adalah mitra maupun pedagang. Toko yang ditunjuk oleh Bulog akan diberikan label berupa spanduk,” tuturnya.

Wakil Gubernur Sumbar Nasul Abit, mengatakan kegiatan operasi pasar ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah dalam menjaga kestabilan harga sehingga kebutuhan beras dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik dapat dikonsumsi masyarakat.

“Kami meminta agar kegiatan ini tidak dilaksanakan ketika masa panen di Sumbar yaitu pada bulan April atau Mei 2018, karena jika terus dilaksanakan, akan membuat petani yang telah panen, bisa merugi,” ucapnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI Dody Edward, mengatakan bahwa kegiatan oeprasi pasar dilakukan untuk menjaga stabilitas harga beras di Sumbar sehingga dengan adanya kegiatan operasi pasar ini, dapat dipastikan ketersedian beras yang ada di Bulog sangat mencukupi.

“Jadi, kita memastikan ketersedian beras mencukupi untuk masyarakat. Bila permintaan pasar tinggi, kita Bulog siap menggelontorkan beras” katanya. [EFT]




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...