Berawal Dari Keisengan, Ikan Gariang Kini Diekspor ke Luar Negeri

Berawal Dari Keisengan, Ikan Gariang Kini Diekspor ke Luar Negeri
Salah satu ikan gariang yang siap dijual ke pasaran. (Jeni Saputra Nanda)
Bagikan:

AGAM, RedaksiSumbar.com – Ikan Garing (Tor Tambroides) adalah sejenis ikan air tawar anggota suku Cyprinidae dan orang Sumatra Barat sering menyebutnya dengan nama Ikan Gariang. Ikan ini sangat digemari oleh masyarakat namun namun ikan ini sulit untuk dibudidayakan karena hidupnya di sungai yang airnya deras.

Hal tersebut tidak berlaku bagi Ramli, 47. Pria yang biasa dipanggil Mak Ramli, warga Labuah Baru, Jorong Muko-Muko, Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam, Sumatra Barat ini sudah beternak ikan tersebut semenjak 10 tahun yang lalu, dan boleh dikatakan di Kabupaten Agam ini hanya dirinya yang membudidaya Ikan Gariang tersebut.

“Bibit Ikan Gariang ini dibeli di Pasaman. Waktu itu saya pergi ke tempat saudara di Pasaman kebetulan masyarakat disana sedang membongkar ikan larangan di sungai yang berisi Ikan Gariang ini, kemudian saya mencoba untuk membudidayakannya di kampung dengan membeli bibit ikan gariang disana,” ungkapnya awal mengembang biakkan ikan tersebut saat ditemui, Rabu, 21 Maret 2018.

Bibit ikan ini diakuinya tidak dibeli di daerah Pasaman seluruhnya, namun Ramli juga manangkap bibit ini di sungai di dekat rumah.

“Awal mula budidaya Ikan Gariang ini hanya iseng-iseng saja, tetapi saat ini hasil panen ikan ini sudah diekspor ke Malaysia dan Singapura,” katanya.

Ikan yang diekspor tersebut dihargai Rp280 per kilogram. Untuk di Sumbar dijual dengan harga Rp80 ribu per kilogram.

“Hasil panen yang diekspor tersebut tidak selalu namun jika ada pemesanan saja, selain itu ikan yang bisa dipanen jika beratnya lebih dari satu kilogram saja,” tuturnya. [JNS]




Bagikan:
Topik: , ,
Loading...