Berdalih Bensin Ambulans Habis, Pegawai Puskesmas Batangkapas Pessel Abaikan Keselamatan Pasien | Redaksi Sumbar

Berdalih Bensin Ambulans Habis, Pegawai Puskesmas Batangkapas Pessel Abaikan Keselamatan Pasien

Berdalih Bensin Ambulans Habis, Pegawai Puskesmas Batangkapas Pessel Abaikan Keselamatan Pasien Dibaca : 517 Kali
Bagikan:

PESISIR SELATAN,RedaksiSumbar.com – Kurang bagusnya pelayanan pada suatu lembaga ujung-ujungnya hanya akan menciptakan kekecewaan. Apa yang diharapkan berbeda dengan kenyataan. Bila sudah dikecewakan, tingkat kepercayaan pun bakal mulai berkurang.

Seperti halnya pelayanan publik pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Jalan Baru, Kenagarian Ampekkoto Hilia Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan.

Peristiwa pelayanan yang tidak bagus ini terjadi terhadap pasien bernama Emi (40) warga Kampung Pandan, Kenagarian Koto Nan Duo, Kecamatan Batang Kapas.

“GR” (33) keluarga pasien merasa kecewa dengan pelayanan Puskesmas tersebut. Rasa kecewa itu terjadi atas jawaban salah satu petugas puskesmas disana.

Emi yang harus dirujuk ke RSUD Painan pada Senin (6/3/2017) malam tidak bisa dibawa dengan mobil Ambulans.

Kata “GR”, Petugas Puskesmas disana mengatakan bahwa mobil Ambulans tidak bisa dioperasikan untuk membawa pasien ke RSUD Painan dengan alasan bensin habis.

Mendengar itu, adik pasien, Darwis (37) langsung bertanya “Berapa biaya bensin yang harus kami bayar untuk membawa kakak saya ke RSUD Painan Pak,” tanya Darwis.

“Rp175 ribu Pak,” jawab pegawai di Puskesmas tersebut.

Setelah itu, pegawai tadi langsung menuju menemui sopir. Tapi apa daya, disaat keluarga pasien mau membayar, Pegawai Puskesmas menyampaikan bahwa mobil tidak bisa digunakan dengan dalih mobil tidak bisa hidup.

Sungguh miris. Dalam kondisi hujan lebat, Pihak keluarga akhirnya berusaha mencari mobil orang lain supaya pasien bisa segera dilarikan ke RSUD Painan.

Dari insident tersebut, keluarga pasien menilai, Para Pegawai Puskesmas Batang Kapas sengaja melalaikan atas pelayanan.

Kepada wartawan via selular, Selasa (7/3/2017) Kepala Puskesmas Kecamatan Batang Kapas, Amri mengatakan, terkait dengan hal tersebut, pihaknya bakal lakukan kroscek ke Puskesmas terlebih dahulu, dan nanti akan diinformasikan lagi.

Baca Juga :  Kabupaten Pesisir Selatan "Beralek Gadang" ke-69 Tahun. Pessel Maju!

“Kalau masalah itu, saya akan coba cek kelapangan nantinya, kalau benar adanya, kepada petugas yang bersangkutan akan kita kenai sanksi,” ucapnya dengan tegas.

Menurutnya, masyarakat berhak mendapatkan pelayanan terbaik. Dia tidak mau masyarakat mengeluhkan atas pelayanan yang diberikan.

Kalau soal ambulans, Kepala Puskesmas menampik jika bensin mobil tidak ada. Ia menegaskan bahwa BBM ambulans selalu tersedia.

“Minyak ambulans tidak ada, itu tidaklah benar, minyak ambulans tersebut selalu tersedia, ndak benar itu. Kalau ambulans rusak, apalagi, ambulans selalu Fight di Puskesmas dan siap dipakai, nanti saya pastikan dulu,” tegasnya.

Ia meminta kepada seluruh masyarakat untuk bisa melaporkan langsung atas oknum petugas puskesmas yang kurang sopan.

“Jangan sampai masyarakat diabaikan,” terangnya. [Irfan Galang]

Bagikan:
Tags: , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close