Berkah Objek Wisata Gratis, Pedagang Raih Untung Berlipat | Redaksi Sumbar

Berkah Objek Wisata Gratis, Pedagang Raih Untung Berlipat

Berkah Objek Wisata Gratis, Pedagang Raih Untung Berlipat Dibaca : 129 Kali
Bagikan:




Bukittinggi, RedaksiSumbar.com – Berkah diterapkannya objek wisata gratis sehari mulai dirasakan kalangan pedagang. Usai menikmati objek wisata yang dibuka secara gratis, ribuan pengunjung juga mendatangi pusat perbelanjaan, Sabtu (11/3/2017). Hal itu menjadikan para pedagang meraup untung berlipat.

Hengki Evon, salah seorang pedagang Pasar Lereng mengungkapkan, hingga tengah hari, omsetnya meningkat hingga 200 persen. Sebagian rekannya bahkan mengaku mendapatkan laba hingga tujuh kali lipat.

“Program gratis sehari masuk objek wisata yang dicanangkan Pemko juga membawa imbas positif bagi kami. Pengunjung yang ramai, lebih banyak berbelanja. Lihatlah, dari warga lokal hingga bule mancanegara umumnya mampir dan membeli dagangan kami,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Bos Martin, salah seorang pedagang Pasar Butik. Dari pengakuan pria berkacamata ini, dirinya sangat mengapresiasi kebijakan Pemko untuk membuka keran yang mendatangkan pengunjung berlimpah. “Program yang dimulai pada tanggal yang sama pada tahun lalu ini cukup membawa berkah. Kali ini bahkan lebih ramai. Semoga banyak kebijakan lainnya yang berpihak kepada para pedagang,” bebernya.

Usai mendatangi objek wisata secara gratis, terlihat sudut-sudut pusat perbelanjaan diserbu pengunjung. Hujan gerimis juga menjadikan pedagang musiman yang menjual payung dan mantel panen untung.

“Gratis, gratis, gratis. Masuk wisata gratis, belanja pun diskon, ayo dipilih. Bali lah buk, bali lah diak,” tutur para pedagang mengobral dagangannya bersahutan.

Nanda Anggara, seorang pengunjung yang mengaku datang dari Batusangkar terlihat antusias berbelanja. “Hari ini saya membeli sepatu, tas dan sehelai baju untuk istri saya di rumah,” katanya.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bukittinggi menerapkan gratis biaya masuk bagi seluruh objek wisata berbayar di kawasan itu. Alhasil, objek wisata Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK), Rumah Adat Baanjuang serta Taman Panorama dan Lobang Jepang, yang pada hari biasanya dipungut karcis sebesar Rp 15.000 rupiah, hari ini digratiskan.

Baca Juga :  Walikota Tinjau Lokasi Kebakaran Ladang Cakiah Bukittinggi

Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi, Emil Anwar, Sabtu (11/3/2017), mengatakan, program gratis tiket masuk ke sejumlah objek wisata itu dalam rangka memperingati 33 tahun pencanangan daerah itu sebagai Kota Wisata.

“Penggratisan masuk objek wisata pada 11 Maret sudah dimulai pada tahun 2016 lalu. Karena mendapat sambutan baik, tahun ini kembali dilakukan. Harapannya hal ini dapat menjadi ajang promosi pariwisata,” ucapnya. [Loni Hendri]

Bagikan:
Tags: ,



No Responses


close