Beruang Madu Masuk ke Perkampungan Warga di Solok Selatan | Redaksi Sumbar

Beruang Madu Masuk ke Perkampungan Warga di Solok Selatan

Beruang Madu Masuk ke Perkampungan Warga di Solok Selatan Dibaca : 462 Kali
Bagikan:




SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Masyarakat Jorong Sapan, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat resah sekaligus dihantui rasa ketakutan. Pasalnya, sejak sepekan terakhir beruang madu masuk ke pemukiman warga dan memakan hasil pertanian warga setempat.

Dari informasi yang dirangkum, beruang madu yang diperkirakan berumur 5 tahun dan memiliki berat sekitar 50 kilogram itu sejak sepekan terakhir terlihat masuk ke lahan pertanian warga yang berada di pemukiman.

Beruang itu, memakan dan merusak hasil pertanian warga seperti, pisang, durian, kelapa dan hasil pertanian lainnya. Bahkan, ternak warga pun seperti ayam tak luput dari mangsanya. Alhasil, selain merusak hasil pertanian dan ternak warga. Beruang itu juga, membuat warga sekitar resah dan takut sewaktu-waktu akan diganggu.

“Setiap pagi dan sore hari, beruang itu sering muncul dipemukiman. Bahkan, beruang itu sampai masuk ke salah satu rumah warga,” ujar salah seorang warga setempat, Ondrizal, Jumat (27/1/2017).

Menurut dia, diduga dihabitatnya beruang ini telah susah mendapatkan makanan. Karena, semakin rusaknya hutan yang ada di sini. Karena, saat ini merupakan musim buah-buahan beruang itu memilih keluar hutan untuk mencari makanan hingga ke perkampungan.

“Kemudian ketakutan warga akan beruang ini bukan tak beralasan. Pada tahun lalu, seorang warga disini di terkam beruang, beruntung masih bisa terselamatkan walaupun dia mengalami luka robek hampir disekujur tubuhnya,” katanya.

Kehadiran beruang di pemukiman ini jelas Ondrizal, telah diberitahukan ke pihak Polisi Kehutanan TNKS untuk di tindak lanjuti ke BKSDA. Namun, selang sepekan tak ada kabar dari pihak yang berkopeten ini. Masyarakat menginginkan beruang ini segera ditangkap sebelum memakan korban jiwa.

Baca Juga :  Diguncang Gempa, Belasan Pasien RS. M Djamil Padang Dievakuasi Keluar Gedung

“Dari hasil kesepakatan warga jika dalam waktu dua hari ini tidak ada kabar dari pihak yang berwenang. Warga akan melakukan perburuan terhadap beruang itu. Untuk menghindari korban jiwa,” pungkasnya.

[Dicky]

Bagikan:
Tags: , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close