BMKG Minta Pemprov Sumbar Bersama Merawat Sirine Tsunami

BMKG Minta Pemprov Sumbar Bersama Merawat Sirine Tsunami
Kepala BMKG Pusat, Dwikorita Karnawati dan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menandatangani berita acara penyerahan enam unit tambahan sirine tsunami dari BMKG. (IST)
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar untuk bersama-sama merawat sirine tsunami yang belakangan menjadi sorotan lantaran banyaknya perangkat yang menginformasikan kejadian bencana tsunami kepada masyarakat tersebut tidak berfungsi dengan baik ketika dilakukan tes aktifasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati yang didampingi oleh Kepala BMKG Klas 1 Padang Panjang, Rahmat Triyono kepada Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno usai menyerahkan enam unit sirine tsunami di Gedung Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang berada di komplek Kampus Diklat Pertanian, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (27/12/2017).

“Sumbar ini rentan akan terjadinya bencana, terutama gempa bumi dan potensi terjadinya tsunami. Hal tersbeut dibuktikan dengan adanya subduksi di 250 kilometer sebelah barat pesisir Sumatera, untuk itu perlatan ini sangat penting dijaga dengan baik,” kata Dwikorita.

Dijelaskannya, enam sirine tsunami yang diserahkan oleh BMKG Pusat kepada Pemprov Sumbar nantinya akan dipasang di Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat, dan Kota Pariaman.

“Kita ada masa transisi selama satu tahun, pada tahun 2018 nanti, pemeliharaan terhadap perangkat masih menjadi tanggung jawab BMKG. Namun, kami juga berharap pemerintah sudah mulai mengambil alih proses perawatan peralatan tersebut,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno memastikan akan memelihara enam sirine pemberian dari BMKG Pusat kepada Pemprov Sumbar.

“Setiap bulan kami melakukan aktifasi semua sirine yang tersebar di sejumlah kawasan di Sumbar ini. Kami pastikan semua hidup ketika dilakukan aktifasi karena peralatan tersebut sangat penting untuk mencegah jatuhnya korban jiwa akibat mitigasi bencana yang lemah,” katanya. [IRK]

Bagikan:
Tags: , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.