BMKG Padangpanjang Pastikan : Gunung Talamau dan Pasaman Berstatus Tipe C | Redaksi Sumbar

BMKG Padangpanjang Pastikan : Gunung Talamau dan Pasaman Berstatus Tipe C

BMKG Padangpanjang Pastikan : Gunung Talamau dan Pasaman Berstatus Tipe C Dibaca : 933 Kali
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Badan Metereologi, Klimatogogi dan Geofisika (BMKG) Kota Padangpanjang, Provinsi Sumatera Barat pastikan Gunung Talamau dan Gunung Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat berstatus tipe C (Gunung Diam) sejak Januari 2017 lalu.

“Dipastikannya status kedua gunung itu yang bertujuan untuk menghilangkan isu yang beredar ditengah masyarakat Kecamatan Talamau dan Pasaman, pasca nampaknya ada cahaya terang digunung itu,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Pasaman Barat, Tri Waluyo, Selasa (14/3/2017) di kantornya.

Sebenarnya kata Tri Waluyo, cahaya terang itu merupakan cahaya kilat, yang kebetulan disaat itu di Kabupaten tetangga (Pasaman) sedang ada hujan dan terjadi kilat, sementara di daerah Pasaman Barat tidak ada hujan.

“Cahaya terang atau kerap disebut warga kilat gajah itu terjadi penampakan di atas Gunung Talamau dan Gunung Pasaman, tapi itu semua hanya cahaya kilat saja tanpa ada perubahan status gunung.” jelasnya.

Diharapkan kepada masyarakat Pasaman Barat, terkhusus Kecamatan Talamau untuk jangan sampai terbawa isu dan takut akan berusaha mencari nafkah di ladang lereng gunung tersebut.

“Masyarakat diminta lebih aktif dalam melestarikan hutan di wilayah Kecamatan Talamau, demi keselamatan anak cucu kita kedepan,” harapnya.

Disisi lain Tri Waluyo menyampaikan, dengan kelestarian hutan, kita tentunya akan memperkokoh akan hutan yang ada didaerah kita ini, agar tidak terjadi bencana banjir dan longsor

“Dengan amannya hutan kita tentu banjir dan longsor akan kurang, walaupun semua itu kehendak Allah SWT. Seiring pula kita dengar banjir dan longsor yang terjadi baru-baru ini di Kabupaten Limapuluh Kota yang diduga akibat kegundulan hutan yang melanda, jangan sampai itu terjadi di daerah kita,” katanya mengakhiri. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Baca Juga :  Terkait Laporan Pelindas, DPRD Pasaman Barat Bakal Kunjungi PT.AAI
Tags: ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close