BMKG: Waspada, Hujan Disertai Angin Kencang Melanda Sebagian Wilayah di Sumbar | Redaksi Sumbar
banner 750x100

BMKG: Waspada, Hujan Disertai Angin Kencang Melanda Sebagian Wilayah di Sumbar

BMKG: Waspada, Hujan Disertai Angin Kencang Melanda Sebagian Wilayah di Sumbar
Bagikan:

Agam, RedaksiSumbar.com–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padang Pariaman, Sumatera Barat, memprakirakan hujan mengguyur beberapa daerah di Sumbar sejak Senin (2/1) yang disertai angin kencang.

Kepala Seksi (Kasi) Observasi dan Informasi BMKG Ketaping, Padang pariaman, Budi Iman menuturkan Hujan yang sering mengguyur wilayah Sumbar disebabkan adanya tekanan rendah di Samudera Hindia bagian barat Kepulauan Mentawai serta belokan massa udara di perairan Sumbar.

“Hujan yang turun hampir merata di seluruh wilayah di Sumbar, namun hujan yang turun tidak terus menerus yang kemudian disertai angin kencang,” terang Budi.

Kondisi ini juga berdampak pada terjadi bencana alam seperti tanah longsor dan pepohonan yang tumbang. Menurut BMKG Sumbar tercatat ada beberapa wilayah yang terkena dampak hujan seperti yang dilaporkan telah terjadinya longsor di wilayah Kabupaten Agam pada Selasa (3/1) di kecamatan Malalak dan laporan Rabu (4/1) longsor di Jorong Rikia Nagari Tanjung Sani kec. Tanjung Raya serta pohon tumbang di Jorong Jambak Nagari Sianok 6 Suku Kec. IV Koto dan di Kampung Parak Jorong Sungai Jariang Nagari Koto Panjang, Kec IV Koto.

Selain itu di Kecamatan Gunuang Omeh Lima Puluh Kota pohon juga menimpa satu rumah warga yang mengakibatkan rusak berat.

Dengan prakiraan cuaca yang masih intens di guyur hujan, diharapkan kepada masyarakat Sumbar untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana dampak dari kondisi tersebut. (Adek)

Bagikan:
Baca Juga :  Ini Penjelasan BMKG Tentang Gempa yang Berpusat di Pesisir Selatan Sumbar
Tags: , ,

Berlangganan

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan