Buah Melon Asal Australia Disita

Buah Melon Asal Australia Disita
Buah melon yang diambil sebagai sampel karena diduga tercemar bakteri. (Istimewa)
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Dinas Ketahanan Pangan Sumbar dan BPOM Kota Padang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah agen buah dan pengecer moderen di Kota Padang, Jum’at siang, 9 Maret 2018. Dalam sidak ini petugas melakukan antisipasi dengan melakukan pengujian terhadap buah melon jenis cantaloupe tercemar bakteri yang diimpor dari Australia.
Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Sumatera Barat Buskar Zulmadi mengatakan inspeksi mendadak dimulai dari kawasan Kampung Pondok, Alang Lawas, Parak Gadang, hingga Swalayan Ramayana. Petugas menemukan beberapa buah melon yang berlogokan rock melon, diduga buah impor yang mengandung bakteri.
“Kita mengamanlan sejumlah melon cantaloupe dan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” katanya.
Buskar mengimbau kepada penjual harus antisipasi peredaran buah yang diimpor dari Australia karena informasi bakteri listeria monocytogenes dari buah yang berasal dari negeri kangguru.
“Hingga hasil labor keluar, penjual buah diharapkan tidak perdagangkan buah berlogo buah rock melon,” imbaunya.
Impor buah Rock Melon dinilai harus dihentikan, karena kontaminasi bakteri listeria monocytogenes di Australia telah mengakibatkan empat orang meninggal dunia.
“Untuk menghentikan penyebaran wabah bakteri listeria monocytogene yang terkandung dalam Buah Rock Melon, impor ke Indonesia harus dihentikan,” tutupnya. [IIK]




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...