Bukik Bateh, Lokasi Tongkrongan Baru Di Solok Selatan | Redaksi Sumbar

Bukik Bateh, Lokasi Tongkrongan Baru Di Solok Selatan

Bukik Bateh, Lokasi Tongkrongan Baru Di Solok Selatan
Pondok Asmara Alami Jaya di Bukik Bateh Abai, Solom Selatan
Dibaca : 345 Kali
Bagikan:

SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Lokasi Bukit Bateh baru-baru ini muncul sebagai tongkrongan baru yang hits di perbatasan Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari (SBH), Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat Perbatasan yang konon dulunya menjadi perlintasan Harimau itu tengah digandrungi kawula muda untuk memanjakan mata.

Mendengar sejarahnya, Bukit Bateh memang sedikit terdengar horor, namun cerita itu sudah menghilang menyusul lokasi tersebut sudah berubah menjadi wilayah pemukiman penduduk. Bahkan, sekarang kondisi puncak di perbukitan ini sudah mulai menjadi lokasi kongkow bagi masyarakat sekitar khususnya kaum muda bercengkrama.

Sambil merasakan kesejukan udara yang cukup dingin menerpa kulit, dari atas bukit ini, pengunjung bisa menikmati panorama kebun sawit, hamparan bukit barisan nan hijau dan lekuk gunung tertinggi di Sumatera Barat, gunung Kerinci yang menjulang itu benar-benar menjadi sihir penenang hati dan pikiran.

Belum lagi jika sore hari, hamparan warna merah langit menjadi keindahan tersendiri yang luar biasa menawan. Untuk akses ke lokasi, Bukit Bateh berjarak sekitar 30 Km dari pusat Kabupaten Solsel, artinya pengunjung butuh waktu 1,5 jam perjalanan dari Padang Aro untuk sampai ke lokasi ini.

Alamril bahar pengusaha Bukit Bateh menuturkan akan menyulap wilayah perbukitan tersebut menjadi destinasi wisata teranyar di Solsel layaknya Kalibiru di Yogyakarta.

Dikatakannya, pihaknya akan mendirikan rumah pohon di Bukit itu supaya bisa membuat pengunjung leluasa menikmati keindahan pemandangan alam sekaligus menjadi ajang para pengunjung untuk berselfie ria. “Kalau di Yogyakarta rumah pohon berlatar Waduk Sermo, di Bukit Bateh ini jelas lebih eksotis lagi karena hamparannya adalah bukit barisan dan gunung Kerinci,” ujarnya.

Tak hanya rumah pohon, Alamril selaku pengelola mengaku juga akan menyediakan flying fox bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalin. Bagi yang suka binatang juga bisa bernostalgia di sana, sebab binatang seperti simpanse dan kera yang ada di sana sudah pada jinak.

Baca Juga :  Mulai 1 April Disbudpar Buat Kebijakan Baru untuk Pantai Padang

“Nanti juga akan kita ciptakan taman rimba di sini. Sekarang kita sudah memulai pembangunannya. Tahapan pertama dimulai mendirikan pondok yang kita namakan Asmara Alami Jaya, sekarang pengerjaannya sudah selesai 50 persen. InsyaAllah di bulan puasa nanti pondok Asmara Alami Jaya sudah aktif beroperasi menyediakan kuliner,” katanya.

Selain pemandangan yang indah, Alamril menyebutkan nantinya juga akan menyediakan berbagai menu kuliner untuk memanjakan lidah pengunjung. Dikatakannya, untuk menu unggulan sendiri direncanakan masakan ala nagari seperti belut lado hijau dan sebagainya.

“Apa yang kita rencanakan ini sudah mendapatkan persetujuan dan dukungan dari pemerintah daerah, sebab fokus Bupati sekarang memang ingin mengedepankan pariwisata Solsel, dan kita akan mengambil bagian untuk itu dan akan menjadikan Bukit Bateh ini terindah di Solsel,” tukas putra daerah Abai tersebut.

Bustanul, salah seorang pengunjung yang datang ke sana menilai bahwa Bukit Bateh tersebut merupakan salah satu wisata bagus yang ada di bumi Solok Selatan. Disebutkannya, bila dikelola dengan baik bukan tak mungkin akan menjadi destinasi wisata unggulan di Solsel.

“Sekilas di sini memang terlihat sebagai salah satu spot terbaik untuk menyaksikan perkasanya gunung Kerinci berdiri. Bukan tidak mungkin ini akan menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit bila dikembangkan dan dikelola dengan baik,” sebutnya. [Humas]

Bagikan:
Tags: ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close