Bukittinggi Luncurkan 242 Aplikasi Berbasis Website, Masuk Rekor Muri | Redaksi Sumbar

Bukittinggi Luncurkan 242 Aplikasi Berbasis Website, Masuk Rekor Muri

Bukittinggi Luncurkan 242 Aplikasi Berbasis Website, Masuk Rekor Muri Dibaca : 320 Kali
Bagikan:




BUKITTINGGI, RedaksiSumbar.com – Pemerintah Kota Bukittinggi akhirnya berhasil memecahkan Rekor Muri dengan meluncurkan 242 aplikasi  berbasis website yang menjadi salah satu langkah untuk menuju ‘smart city’. Bukittinggi Smart City secara resmi di launching Pemko setempat di Pelataran Jam Gadang, Senin (27/2/2017) yang di tandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat, Yeflin Luandri yang di saksikan oleh Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dan Irwandi, Tim Penilai Muri Yusuf Ngadri, SKPD Pemko Bukittinggi serta tamu undangan dari berbagai daerah, dalam dan luar Kota Bukittinggi.

Pemukulan gong tersebut menandakan bahwa aplikasi berbasis website tersebut telah dapat diakses oleh masyarakat untuk dapat meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Konsep smart city yakni untuk melestarikan, meningkatkan daya manusia tentang Kota Bukittinggi, serta membangun pengetahuan masyarakat.

Sekretaris Diskominfo Kota Bukittinggi, Tuti Hidayati dalam sambuatannya menyampaikan penggunaan aplikasi ini bagi setiap organisasi perangkat daerah (OPD) akan memudahkan dan mempercepat pelayanan karena warga tidak perlu lagi datang ke kantor untuk pengurusan keperluan tertentu.

“Aplikasi ini sepenuhnya dibuat oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), dan dihibahkan kepada Pemko Bukittinggi sebagai bentuk kontribusi bagi perkembangan daerah,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga menyediakan wifi gratis di 15 titik area Bukittinggi yang kemudian ditambah 4 lagi dengan total keseluruhan berjumlah 19 titik wifi gratis tanpa pasword. Ini menjadi salah satu pelayanan bagi pemerintah kepada masyarakat sehingga dengan mudah mengakses apapun terkait Kota Bukittinggi.

Walikota Bukittinggi juga menyampaikan apresiasi besar kepada tim yang telah berhasil membuat 242 aplikasi berbasis website demi kemajuan Kota Bukittinggi. Ini akan menjadikan Kota Bukittinggi sebagai salah satu kota yang lebih baik lagi kedepan. Apalagi kini masyarakat dengan sangat mudah bisa mengakses apapun tentang Bukittinggi tentunya dengan penyediaan layanan gratis wifi tersebut. Mudahan-mudahan apa yang telah Bukittinggi berikan kepada masyarakat dapat di manfaatkan dengan sebaik mungkin sekaligus dapat menunjang pariwisata Bukittinggi.

Baca Juga :  Anggota DPRD Bukittinggi M. Nur Idris Jemput Aspirasi Dapil

Sementara itu, Yeflin Luandri, Kepala Dinas Kominfo Sumatera Barat mengucapkan selamat kepada Kota Bukittinggi yang telah berhasil memecahkan Rekor Muri tersebut. Ia menyebutkan ini yang pertama kali di Sumatera Barat, dengan kemajuan IT yang semakin berkembang tentunya dapat meningkatkan pariwisata Kota Bukittinggi.

“Apalagi setiap tahunnya Bukittinggi selalu memiliki event tahunan yang selalu di meriahkan Pemerintah Kota, ini tentunya dengan sangat mudah di akses masyarakat yang ingin melakukan pencarian informasi tentang kota ini, ” ungkapnya.

Dengan memecahkan Rekor Muri ini, Tim Penilai Muri Indonesia Yusuf Ngadri berharap, Bukittinggi bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik mungin dapat menjalankan komunikasi dan informasi yang aktual bagi masyarakat.

“Smart city menjadi konsep kota yang mampu mengelola informasi secara efektif dan efisien sehingga apa yang di sajikan dapat berimbang,” terangnya. [DKP] 

Bagikan:
Tags: ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close