Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan Buka Musrenbang Kecamatan Sangir Balai Janggo | Redaksi Sumbar

Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan Buka Musrenbang Kecamatan Sangir Balai Janggo

Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan Buka Musrenbang Kecamatan Sangir Balai Janggo
Bupati Solok Selatan, H. Muzni Zakaria saat memberikan sambutannya pada Musrenbang Kecamatan Sangir Balai Janggo, Senin (6/3/2017).
Dibaca : 231 Kali
Bagikan:

SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sangir Balai Janggo di aula Kantor Camat setempat, Senin (6/3/2017). Sangir Balai Janggo merupakan kecamatan ke tiga menggelar Musrenbang.

Wakil Bupati Solok Selatan, H. Abdul Rahman dalam sambutannya mengatakan, untuk tahun 2017 ini Kecamatan Sangir Balai Janggo merupakan daerah yang memperoleh dana terbesar di Kabupaten ini.

“Untuk penyambungan jalan poros Sangir Balai Janggo ini dianggarkan sebesar Rp30 miliar. Dan ini merupakan anggaran yang diusulkan paling besar selama kabupaten ini berdiri,” katanya.

Selain itu kata dia, Rp5 miliar juga dianggarkan untuk ruas jalan lain atau jalan yang berada di nagari. Adapun, Rp2 miliar untuk Nagari Tahap 4, Rp2,5 miliar diberikan untuk Nagari Talao dan Rp500 juta lainnya untuk penuntasan ruas jalan lainnya.

Sementara itu, Bupati Solok Selatan, H. Muzni Zakaria dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang bertujuan mengumpulkan masukan secara partisipatif dari masyarakat mulai dari tingkat bawah hingga dirumuskan untuk menjadi usulan. Proses melaksanakan pembangunan di satu daerah harus melalui Musrenbang dari tingkat bawah hingga ke pusat.

“Musrenbang ini bertujuan mengumpulkan usulan dalam proses pembangunan untuk dijadikan rumusan yang selanjutnya dijadikan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD),” katanya.

Dia mengatakan, dalam pembangunan tentunya aspirasi dari masyarakat sangat diperlukan. Semua aspirasi akan ditampung dan akan di rumuskan oleh eksekutif dan dibahas bersama DPRD untuk ditetapkan dalam APBD.

“Aspirasi tentunya mengacu pada visi dan misi Bupati dan RPJMD. Kesempatan ini dilaksanakan untuk dimanfaatkan dan mendiskusikan dengan serius dalam menghimpun segala bentuk usulan pembangunan yang prioritas,” katanya.

Dia menjelaskan, sesuai dengan visi yaitu mewujudkan masyarakat Solok Selatan sejahtera dan religius hingga tahun 2021. Maka, telah dicanangkan beberapa program pembangunan prioritas lima tahunan. Yakni, bidang infrastruktur dan pelayanan publik. Peningkatan perekonomian yang di dorong oleh sektor pariwisata dan religius.

Baca Juga :  Pembangunan Masjid Agung, Forkopimda Solok Selatan Gelar Pertemuan Dengan PT. Mitra Kerinci

“Dengan Musrenbang kecamatan ini, diharapkan kepada semuanya untuk memberikan masukan yang konstruktif dalam mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih berkualitas dan tepat waktu,” katanya.

Ditempat terpisah, Rajo 12 Koto Kecamatan Sangir Balai Janggo, Mardian Tan Tua Rajo Sailan berharap, hasil Musrenbang ini dijadikan skala prioritas pembangunan Kecamatan Sangir Balai Janggo.

“Yang paling prioritas untuk Kecamatan ini yakni kelanjutan pembangunan jalan poros hingga ke Kabupaten Dharmasraya,” katanya.

Dia mengatakan, dengan lancarnya transportasi hingga kabupaten tetangga secara tidak langsung akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kita harapkan dengan Musrenbang ini akan berdampak dengan kemajuan Kecamatan Sangir Balai Janggo secara bertahap,” katanya.

Hadir  pada kegiatan tersebut, Bupati, Wakil Bupati Sekretaeis Daerah, Anggota DPRD, Forkopimda, Kepala OPD, Camat dan undangan lainnya. [Dicky]

Bagikan:
Tags: , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close