Bupati Himbau Masyarakat Gerakan Semangat Ronda | Redaksi Sumbar

Bupati Himbau Masyarakat Gerakan Semangat Ronda

Bupati Himbau Masyarakat Gerakan Semangat Ronda Dibaca : 537 Kali
Bagikan:

DHARMASRAYA, RedaksiSumbar.com – Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), Sutan Riska mengimbau masyarakat setempat menggerakan kembali ronda malam atau Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kasus pencurian dan tindak kriminal lainnya dapat terjadi kapan saja. Untuk itu diingatkan seluruh komponen masyarakat terus waspada dengan segala kemungkinan buruk yang akan terjadi,” kata dia.

Menurutnya kegiatan ronda malam merupakan langkah tepat dalam meminimalkan tindakan kriminal yang merugikan masyarakat banyak.

Ia meminta seluruh camat dan wali nagari (kepala desa adat) untuk memberikan imbauan kepada masyarakat supaya memberdayakan kembali budaya jaga malam.

“Kita perlu berdayakan semangat bersama untuk menjaga lingkungan masing-masing, pos ronda merupakan salah satu budaya leluhur yang mulai terlupakan,” ujar dia.

Menurut dia masyarakat juga memiliki peran dalam membantu pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkunganya , karena polisi memilik keterbatasan dalam bertugas.

Bagaimanapun terjadinya pencurian atau tindakan kriminal lainnya akibat diberikan kesempatan oleh masyarakat itu sendiri, tutur dia.

“Tidak jarang kasus kriminal datang dari masyarakat itu sendiri, misalnya memakai perhiasan yang berlebihan, tidak menguci rumah saat berpergian, dan lainnya,” ujarnya

Sementara, Kapolres Dharmasraya AKBP Rudy Yulianto mangatakan tindak kriminalitas pencurian dengan kekerasan selalu akan terjadi jika tidak dilakukan dengan upaya untuk membatasi itu.

Bahkan, kata dia, berapa waktu lalu terjadi perampokan di salah satu rumah warga yang kerugian ditaksir mencapai ratusan juta.

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk selalu tetap waspada dengan tindak kriminalitas yang akan terjadi,” tambahnya. [Irwan/ Rizal/Hms]

Bagikan:
Baca Juga :  Bupati Dharmasraya Serahkan LKD 2016
Tags: ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close