Bupati Muzni Zakaria Buka Musrenbang Solsel Susun RKPD 2018 | Redaksi Sumbar

Bupati Muzni Zakaria Buka Musrenbang Solsel Susun RKPD 2018

Bupati Muzni Zakaria Buka Musrenbang Solsel Susun RKPD 2018 Dibaca : 71 Kali
Bagikan:




SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Bupati Solok Selatan, H. Muzni Zakaria membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Kabupaten Solok Selatan tahun 2018.

Bupati menyampaikan, Musrenbang merupakan forum yang baik bagi interaksi seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan daerah yang menentukan arah dan sasaran rencana program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018.

“Dijabarkan dalam rencana tahunan berupa Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prakiraan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang selanjutnya akan dituangkan dalam dokumen penganggaran berupa RAPBD,” katanya.

Kemudian RAPBD tersebut akan dibahas bersama legislatif, melalui Musrenbang dapat dilakukan pemantapan padu serasi antara usulan kecamatan yang tertuang dalam RPTK dengan renja SKPD serta hasil reses DPRD dan aspirasi masyarakat yang disampaikan secara langsung kepada pemerintah daerah.

“Musrenbang dilakukan untuk menentukan skala prioritas yang nantinya tentu disesuaikan dengan ketersediaan anggaran, pokok-pokok pikiran DPRD, kesesuaian visi misi. Untuk pembangunan termasuk infrastruktur yang mengarah kepada kepariwisataan, tetap akan menjadi fokus kita bersama,” sebut Bupati.

Muzni mengharapkan guna mempercepat langkah dan memacu kinerja pembangunan daerah Kabupaten Solok Selatan yang sejahtera dan religius, diharapkan kepada seluruh komponen daerah agar bekerja sekuat tenaga di tahun 2018, karena tantangan kedepan yang dihadapi akan semakin berat.

“Untuk Solok Selatan, kita diberi target oleh pemerintah pusat agar dapat keluar dari daerah tertinggal tahun 2019 mendatang. InsyaAllah, kita optimis untuk itu, bahkan kita tidak harus menunggu tahun 2019, karena sesuai hasil konsultasi dengan BPS kita dapat keluar dari kukungan status daerah tertinggal sebelum itu,” tukasnya.

Baca Juga :  Siasati Tanah Gersang dengan Ramuan Pupuk Organik Nabati

Tahun ini lanjut Bupati, penyusunan rencana kegiatan masih berpihak pada kebutuhan riil masyarakat. Setidaknya, Pemkab Solsel akan mengalokasikan 51,03 miliar untuk kegiatan di seluruh nagari yang ada melalui dana ADD, dan 35,4 miliar untuk DD dari APBN. Bahkan, tiap tahun alokasi anggaran desa/nagari selalu naik, tahun ini saja mencapai lebih kurang 60 Triliun.

“Dengan anggaran yang cukup besar itu, diharapkan berbanding lurus dengan peningkatan dan pengembangan sosial ekonomi masyarakat ditiap Nagari. Perlu ditegaskan untuk kegiatan kepemudaan termasuk olahraga, kita akan alokasikan Dana Nagari sebesar Rp 100 juta dan minimal Rp 200 juta untuk embung bagi yang membutuhkan,” tegas Bupati.

Lalu untuk visi misi religius, Muzni juga menyampaikan rencana pembangunan mesjid agung Solok Selatan di Kecamatan Sangir, tepatnya di Jorong Sungai Lambai Nagari Lubuk Gadang Selatan dengan total anggaran 55 miliar, dan akan ditargetkan selesai 2019 mendatang dan dimulai tahun ini.

Sementara Ketua DPRD Solok Selatan Sidik Ilyas menyatakan pokok-pokok pikiran DPRD telah di paripurnakan dan diserahkan kepada Bupati dan Wakil Bupati.

“Akhir november tahun ini, kami bersama-sama eksekutif di bawah pimpinan Bupati optimis pembahasan APBD selesai. Kita berharap proses pembahasan dijalankan dan sesuai kesepakatan bersama, termasuk diakomodirnya pokok pikiran DPRD,” ujarnya.

Kemudian, Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Irwan Apriadi yang turut hadir dalam kesempatan itu meminta kepada pemerintah daerah Solsel, untuk memfokuskan arah pengembangan wisata yang ada di Solsel.

“Fokuskan kemana titik utama pengembangan pariwisata, misal pengembangan kawasan Seribu Rumah Gadang, rumah gadang panjang di Abai, wisata sejarah PDRI, pendakian gunung Kerinci dan lainnya,” sebutnya.

Kegiatan Musrenbang sendiri berlangsung di aula Sarantau Sasurambi kantor bupati setempat, kemarin (6/4). Dihadiri Plt Kepala Bappeda Litbang Solsel, Erniati, unsur Forkopimda, anggota DPRD Kabupaten, Solikhin, Werhanudin, Dede Pasarela, Abu Syuib, David Taster, dan Raymond.

Baca Juga :  Optimalkan Pemeriksaan Iva Tes Sedari Dini

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan diskusi panel tentang arah kebijakan pembangunan Nasional dan juga Provinsi dengan narasumber Bappeda Provinsi, Dinas Pariwasata Provinsi dan Balai Jalan Nasional Wilayah II. [Rillis Humas]

Bagikan:
Tags: , , , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close