Bupati Yuswir Arifin Serahkan Bantuan Korban Banjir di Kenagarian Kamang, Sijunjung | Redaksi Sumbar

Bupati Yuswir Arifin Serahkan Bantuan Korban Banjir di Kenagarian Kamang, Sijunjung

Bupati Yuswir Arifin Serahkan Bantuan Korban Banjir di Kenagarian Kamang, Sijunjung Dibaca : 147 Kali
Bagikan:




SIJUNJUNG, RedaksiSumbar.com – Bupati Sijunjung ​H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, secara simbolis menyerahkan bantuan terhadap korban yang terkena dampak banjir, Delapan Jorong yang terendam banjir di Kenagarian Kamang Kecamatan Kamangbaru tersebut yakni, Jorong Galoga, Jorong Kamang, Jorong Simpangkamang, Jorong Batangkering , Jorong Kamangsentosa, Jorong Kurniakamang, Jorong Kamangmadani, dan Jorong Kamangabadi. (Minggu, 05/3/2017). Delapan tempat tersebut, penyerahan bantuan juga disaksikan oleh unsur Muspika, Para Kuwu dan BPD yang wilayahnya terkena banjir, ,Pemuda Pancasila, Kiai dan Para Tokoh Masyarakat setempat, serta Perwakilan Masyarakat yang kena musibah banjir.

Bupati Sijunjung menyampaikan, bahwa bantuan ini merupakan kepedulian Pemerintah Daerah kepada masyarakat, “Meskipun ini belum merupakan bantuan yang diharapkan secara penuh namun mudah-mudahan dapat meringankan beban masyarakat, korban banjir di beberapa nagari dan jorong di Kecamatan Kamangbaru, menerima bantuan logistik dari BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Sijunjung, Minggu (5/3/2017). Data yang tercatat sebanyak 1.109 kepala keluarga yang tersebar di sembilan jorong di nagari Kamang yang terkena dampak banjir pada Jumat (3/3/2017) kemarin. Penyerahan bantuan yang bertempat di kantor wali nagari Kamang tersebut secara langsung diberikan oleh Bupati Yuswir Arifin kepada masyarakat, serta juga dihadiri oleh kepala OPD terkait lainnya,” paparnya.

Sementara itu, Camat Kamangbaru, David Rinaldo, S.STP, menyatakan bahwa penyerahan bantuan ini merupakan wujud bahwa Bupati sangat peduli terhadap dampak berbagai bencana yang terjadi di Kabupaten Sijunjung seperti longsor, banjir dan sebagainya. Ini juga wujud bahwa Bupati Sijunjung sebagai orang tua kita kepada anaknya di Kecamatan Kamangbaru

Bantuan yang diberikan berupa makanan siap saji, peralatan sehari-hari, matras, selimut, pakaian dan peralatan bayi. Sebelumnya, BPBD dan dinas sosial juga telah menyalurkan bantuan untuk menanggulangi sementara pada saat kejadian, karena daerah tersebut merupakan lokasi yang cukup parah terendam banjir akibat luapan air dari sungai yang melintasi perumahan warga, bahkan ketinggian air mencapai 1 meter dan merendam sekitar 468 rumah.

Baca Juga :  Ganti Rugi Tak Manusiawi, Warga Tolak Pembangunan SUTET

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, banjir diakibatkan  luapan sejumlah sungai yang melewati Kenagarian Kamang Kecamatan Kamang Baru dikarenakan tingginya curah hujan yang terjadi sejak Kamis sore hingga Jumat pagi, air mulai naik sejak pukul 06.00 WIB. Pihak BPBD Sijunjung yang mendapatan laporan tersebut pun langsung menurunkan tim serta dua unit perahu karet dan fiber untuk membantu dan mengevakuasi warga serta menyalurkan bantuan dibantu dari pihak Dinas Sosial Kabupaten Sijunjung dan Taruna Siaga Bencana (TAGANA).

Kepala BPBD Sijunjung Hardiwan mengatakan bahwa, dari data sementara yang diperoleh oleh pihak BPBD Sijunjung, rumah warga yang terendam banjir sebanyak 468 unit rumah yang tersebar di delapan Jorong di Kanagarian Kamang Kecamatan Kamang Baru.

“Data Sementara yang diperoleh oleh pihak BPBD SIjunjung, 468 unit rumah terendam banjir, dan tidak ada korban jiwa, Pihaknya juga menghimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap bencana alam. Kondisi cuaca yang sulit untuk diprediksi saat ini, dikhawatirkan rentan terjadinya bencana alam. Kita imbau kepada masyarakat agar selalu waspada,” ujarnya. [Ari Ayek]

Bagikan:
Tags: ,



No Responses


close