Butuh Pengembangan, Jorong Sungai Bolik Dhamasraya Miliki Kawah Air Panas | Redaksi Sumbar

Butuh Pengembangan, Jorong Sungai Bolik Dhamasraya Miliki Kawah Air Panas

Butuh Pengembangan, Jorong Sungai Bolik Dhamasraya Miliki Kawah Air Panas
Foto: Mata air Kawah Air Panas yang baru ditemukan warga terletak di Jorong Sungai Bolik, Kanagarian Gunung Selasih, Dharmasraya.
Dibaca : 1613 Kali
Bagikan:

DHARMASRAYA, RedaksiSumbar.com – Kabupaten Dharmasraya pantas di sebut “Kota Wisata” karena kabupaten yang di pimpin oleh Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E dan Amrizal Datuk Rajo Medan, S. Sos ini mempunyai destinasi objek-objek wisata yang beragam, mulai dari Zaman Purba sampai Zaman Modern seperti sekarang ini.

Salah satu objek wisata yang baru ditemukan masyarakat di Kanagarian Gunung Selasih, Kecamatan Pulau Punjung adalah Kawah Air Panas. Kawah Air Panas yang di temukan oleh masyarakat terletak di kaki Gunung Selasih, tepatnya di Jorong Sungai Bolik. Objek wisata Kawah Air Panas ini di dampingi oleh mata air dingin yang menyamai dinginnya air yang baru keluar dari dalam kulkas.

Edi Syahroni MT Sutan, selaku Wali Nagari Kenagarian Gunung Selasih waktu ditemui Tim RedaksiSumbar.com di ruang kerjanya mengatakan, “Saya selaku Wali Nagari akan menanyakan hal ini ke Bagian Kepariwisataan. Apakah Kawah Air Panas ini layak di kembangkan untuk objek wisata atau tidak? Kapan perlu saya akan mengajak Orang Kepariwisataan itu untuk mencek langsung  ke lapangan.

Jika air panas ini memang layak untuk dijadikan salah satu destinasi pariwisata di Kabupaten Dharmasraya, saya akan langsung mengumpulkan masyarakat, khususnya yang mempunyai ladang di sekitar areal itu agar kemajuan pariwisata di kabupaten ini dapat bergerak cepat,” jelasnya.

Hal senada juga di sampaikan oleh Kepala Jorong Sungai Bolik yang biasa di sapa Enek. “Dari dulu inilah yang saya harapkan, karena bila Kawah Air Panas itu dijadikan tempat wisata oleh pemerintah sekarang, tentunya akan ada dampak positifnya terhadap masyarakat di sini. Misalnya akan adanya pembangunan jembatan, ini adalah salah satu yang kami harapkan. Hal ini akan mempermudah warga saya untuk mengangkut hasil ladang mereka khususnya karet,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pendaftaran Pemilihan 'Bujang jo Gadih' Bukittinggi Ditutup

Ditambahkannya lagi, dulu ia pernah punya pengalaman ada warga di sini yang meninggal waktu mengangkut karet hasil ladangnya lewat sungai dengan biduk. Selain itu, dengan adanya jembatan nanti, akan dapat mengembangkan area perumahan penduduk ke seberang sana, karena sekarang Jorong Sungai Bolik boleh di katakan perumahan penduduk sudah yang cukup padat, katanya.  [Irwan]

Bagikan:
Tags: ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close