Camat Lubukbasung Disertijabkan, Ini Tugas Khusus yang Diamanahkan Bupati Agam.. | Redaksi Sumbar

Camat Lubukbasung Disertijabkan, Ini Tugas Khusus yang Diamanahkan Bupati Agam..

Camat Lubukbasung Disertijabkan, Ini Tugas Khusus yang Diamanahkan Bupati Agam.. Dibaca : 315 Kali
Bagikan:

AGAM, RedaksiSumbar.com – Murni Idrus yang dilantik sebagai Camat Lubukbasung menggantikan Helton diminta untuk merevitalisasi pasar dan mengawal Alokasi Dana Desa (ADD) dan Alokasi Dana Nagari (ADN). Mantan Camat Ampeknagari ini dilantik Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria di halaman kantor camat setempat, Senin (27/2).

Pria berkumis ini dipercaya Pemkab Agam untuk melanjutkan pembangunan di Kecamatan yang menjadi pusat pemerintahan itu. Kepada Murni Idrus, Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria berpesan agar meneruskan kepemimpinan Helton dengan berbagai inovasi.

“Pasar tradisional sebagai acuan perputaran perekonomian masyarakat harus didorong untuk terus tumbuh. Pasar tradisional seperti pasar lama Lubukbasung dan pasar Padangbaru harus didorong untuk lebih maju lagi, karena di sinilah masyarakat melakukan pengembangan usaha,” tegasnya.

Sebagai camat yang berpengalaman, Murni Idrus dipercaya mempunyai inovasi dan daya ungkit untuk menggali potensi Lubukbasung yang terpendam. Berkaitan dengan hal itu, lanjut Trinda, dua tahun terakhir pemerintah nagari diberikan kucuran dana yang besar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Agam. Peluang dana yang besar ini mengindikasikan sejumlah pejabat nagari takut terpeleset dan menimbulkan daya serap rendah yang berdampak merugikan dan menghambat pembangunan.

“Sebaliknya, pengelolaan dana di nagari jangan pula sampai membuat pemerintah nagari terpeleset kasus hukum. Oleh karena itu, fungsi pembinaan dan pengawasan oleh camat kepada nagari menjadi tantangan tersendiri ke depan,” ujarnya.

Trinda juga mendorong camat Lubukbasung untuk memaksimalkan koordinasi dengan muspika dan seluruh lini. Menurutnya, dengan kebersamaan tidak ada yang masalah yang tidak dapat diselesaikan. Dia juga mendorong camat agar menanamkan budaya memberikan pelayanan sepenuh hati.

Baca Juga :  Ini Pesan Indra Catri Kepada Camat Canduang dan Baso yang Baru..

“Dalam hadis, Rasulullah pernah berdoa, agar Allah SWT mempermudah hidup pemimpin yang mempermudah urusan umat, dan mempersulit hidup mereka yang mempersulit urusan orang banyak. Maka dari itu mari menjadi pemimpin yang melayani sepenuh hati,” ajaknya.

Tokoh masyarakat Lubukbasung, Syahrial Bakri Syarif yakin sebanyak 78.000 masyarakat Lubukbasung siap mendukung dan berpartisipasi dalam mempercepat pembangunan di kawasan itu. “Kami berterima kasih kepada camat yang lama atas pengabdiannya selama ini, dan semoga camat yang baru dapat melanjutkan serta membawa Lubukbasung menjadi lebih baik,” harapnya.

Di sisi lain, turut dilantik Tiswardenis menggantikan Fitmayeni sebagai Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Lubukbasung. Diketahui, Fitmayeni dan jajarannya selama mengabdi di Lubukbasung telah berhasil membawa Lubukbasung meraih juara II lomba Toga tingkat Sumbat tahun 2015 silam.

Kepada ketua TP PKK Lubukbasung yang baru, Candra Trinda Farhan selaku Wakil Ketua TP PKK Agam berpesan agar pengurus baru segera memantapkan kelembagaan dan melakukan pembenahan program kerja dan pembinaan berjenjang dari tingkat jorong hingga nagari.

“Selain itu mohon aktifkan kembali dasawisma sebagai ujung tombak penggerak 10 program pokok PKK, serta tingkatkan koordinasi dengan organisasi dan semua unsur masyarakat,” harapnya. [Lobi Hendri]

 

Bagikan:
Tags: ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close