Cegah Berkembangnya Ormas, LSM dan Aliran Menyimpang, Kesbangpol Pessel Lakukan Pendataan | Redaksi Sumbar

Cegah Berkembangnya Ormas, LSM dan Aliran Menyimpang, Kesbangpol Pessel Lakukan Pendataan

Cegah Berkembangnya Ormas, LSM dan Aliran Menyimpang, Kesbangpol Pessel Lakukan Pendataan Dibaca : 360 Kali
Bagikan:

PESISIR SELATAN, RedaksiSumbar.com- Guna mengantisipasi masuknya aliran radikal, ormas dan LSM yang tidak sesuai dengan azas Pancasila serta Bhineka Tunggal Ika,  Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Kesbangpol bersama tim Baporpakem akan melakukan pendataan, pengawasan dan pembinaan terhadap keberadaan organisasi yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.

Hal tersebut dilakukan berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri No. 8 Tahun 2006 tentang Tugas Pelaksanaan Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Rumah Ibadah termasuk Pengawasan terhadap Ormas, LSM dan Aliran Keagamaan.

Kepala Kesbangpol Pessel Dailipal mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan sesuai PP Tahun 2015 tentang Pembinaan dan Pengawasan terhadap Ormas dan Aliran Keagamaan di Kabupaten Pesisir Selatan melakukan pendataan, pengawasan dan pembinaan dalam rangka mencegah dan mengantisipasi berkembangnya ormas, LSM dan aliran keagamaan yang menyimpang.

“Kita akan lakukan pembinaan dan kita undang seluruh ormas, LSM dan aliran kegamaaan di Pessel,” terang Dailipal, Jumat (3/2/’17).

Ia menuturkan, berdasarkan data yang ada di Kesbangpol Kabupaten Pessel sampai sekarang ini ada kurang lebih 30 ormas, LSM dan aliran keagamaan yang terdata.

Pemerintah Daerah melalui Kesbangpol Pessel bersama-sama dengan tim Bakorpakem Pessel akan melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap keberadaan LSM, ormas dan aliran kepercayaan keagamaan tersebut sehinga kehidupan bermasyarakat dapat terjalin harmonis dan penuh kerukunan diantara kebhinekaan.

[Irfan Galang]

Bagikan:
Baca Juga :  Sat Polair Polres Pasbar Tinjau Pulau Panjang Dalam Rangka Operasi Radmaniya 2017
Tags: , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close