Dalam Mitigasi Bencana, Koordinasi Semua Pihak Dibutuhkan

Dalam Mitigasi Bencana, Koordinasi Semua Pihak Dibutuhkan
Penandatanganan nota kesepahamanmitigasi bencana antara Pemko Padang dan BMKG Klas 1 Padang Panjang. (HUMAS)
Bagikan:

PADANG, RedaksiSumbar.com – Dalam upaya mitigasi bencana, keterlibatan semua pihak tidak akan berjalan efektif tanpa adanya koordinasi.

“Kerawanan terhadap bencana justru mendorong kita lebih meningkatkan pengetahuan supaya siaga bencana dan melakukan upaya-upaya mitigasi lebih serius. Koordinasi lintas instansi dan masyarakat perlu diperkuat,” ucap Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, Senin (13/11/2017) saat membuka Rapat Koordinasi Kebencanaan di Kyriad Bumiminang Hotel.

Dalam upaya peningkatan kesiapsiagaan bencana, Mahyeldi mengklaim bahwa Kota Padang telah melakukan kerjasama dengan beberapa negara, diantaranya Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Selandia Baru dan Jepang. Kerjasama dengan tiga negara tersebut disamping penerapan teknologi konstruksi bangunan tahan gempa juga dalam melatih masayarakat cerdas dan tanggap bencana.

“Melalui kerjasama dengan beberapa kota di negara ini kita bisa meniru hal yang lebih maju di bidang kebencanaan disamping mewujudkan masyarakat yang cerdas bencana dan bangunan-bangunan yang ramah gempa,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Edi Hasymi menyebut bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dalam rangka mewujudkan Padang sebagai kota cerdas bencana.

“Rakor diikuti oleh unsur lembaga pemerintah dan relawan kebencanaan. Jumlah peserta sebanyak 170 orang. Kami (BPBD, red) tidak bisa berjalan sendirian, harus menggandeng pihak lain dan unsur masyarakat. Karena intinya, penanganan bencana tidak bisa dilakukan sendirian, untuk itu kerja tim sangat diperlukan,” terangnya.

Pada kesempatan ini, BPBD juga menandatangani nota kesephaman dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas 1 Padang Panjang, Sumatera Barat. Penandatanganan perjanjian tersebut disaksikan Walikota Padang bersama Kepala UPT BNPB regional Sumatera, Yazid Fadhli. [Red]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan